Kamis, Maret 28, 2024
BerandaKlungkungAntisipasi Aksi Teror, Sat Intel Polres Klungkung Gelar Pendekatan Dialogis Pada Kelompok...

Antisipasi Aksi Teror, Sat Intel Polres Klungkung Gelar Pendekatan Dialogis Pada Kelompok Masyarakat

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Dalam Rangka mengantisipasi masuknya orang asing yang mencurigakan di wilayah Kabupaten Klungkung, Sat Intek Polres Klungkung melaksanakan pendekatan dialogis terhadap kelompok nelayan Bendega Saman Jaya Desa Jumpai.

Kegiatan dialog yang bertempat di pesisir Pantai Jumpai, Desa Jumpai, Kabupaten Klungkung yang notabene memanfaatkan akomodasi pariwisata dan pesisir pantai sebagai akses masuk maupun tempat tinggal sementara bagi warga asing. Tentu saja hal ini sangat rentan dimasuki oleh orang-orang yang akan melakukan aksi tindak pidana di wilayah Bumi Serombotan.

Disamping itu, kawasan pesisir pantai Jumpai juga merupakan kawasan yang tergolong sepi dan minim pengawasan dari instansi terkait sehingga situasi tersebut rawan dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk memasuki wilayah Klungkung dengan memanfaatkan akses pesisir pantai.

Menyikapi hal tersebut, Kasat Intel Polres Klungkung  AKP I Nyoman Sumantara, SH ketika ditemui, Kamis (15/10), menyatakan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan dialogis dan pertemuan tersebut adalah untuk memberikan edukasi, pemahaman, dan menumbuhkan kepekaan segenap elemen masyarakat utamanya Kelompok Nelayan untuk ikut berperan aktif dalam hal menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.

BACA :  Nelayan dan Warga Pesisir Terdampak Bencana Dapat Bantuan Beras dan Pakai Layak Pakai

“Kita berharap dengan pendekatan dialogis ini  dapat memberikan informasi setiap perkembangan situasi baik berupa ambang gangguan maupun potensi gangguan yang mungkin akan timbul. Diharapkan kegiatan pendekatan dialogis ini, akan terus berlanjut untuk menggugah masyarakat untuk selalu peduli dengan lingkungan dan situasi kamtibmas di wilayahnya masing-masing,” terang AKP Nyoman Sumantara, SH.

Lebih lanjut menurutnya berbagai upaya prefentif  dan  kegiatan pendekatan dialogis dilaksanakan jajaran Sat Intel Polres Klungkung dengan melakukan pendekatan dialog dengan Kelompok Nelayan Bendega Saman Jaya Desa Jumpai yang di ketuai oleh I Nengah Suama.

“Dalam kedua kegiatan pendekatan dialogis tersebut ditekankan pentingnya keamanan lingkungan serta memberikan edukasi dan menggugah masyarakat untuk turut berperan aktif dalam membantu pihak kepolisian untuk secara bersama-sama menjaga Situasi Kamtibmas berupa dukungan informasi di wilayahnya masing masing,” Ujar Kasat Intel Nyoman Sumantara SH tegas.

Pihaknya mengatakan ini merupakan kegiatan kali kedua, dimana kegiatan dialog yang pertama diawali, pada kamis (8/9) lalu, yang bertempat di rumah Ketua kelompok Nelayan Bendega Saman Jaya. Dan kegiatan dialog serupa digelar, pada Rabu (14/9) lalu.

BACA :  Sidang Paripurna, Dewan Buleleng Ingatkan Soal Optimalisasi Perda

Penulis/Editor : Roni/Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular