Antisipasi Antrean, Lahan Terminal Kargo Dijadikan Kantong Parkir

Lahan terminal kargo dijadikan kantong parkir
Lahan terminal kargo dijadikan kantong parkir

JEMBRANA, balipuspanews.com– Banyaknya kendaraan wisatawan lokal (wislok) yang masuk Bali sejak saat libur Natal dan tahun baru (Nataru) diprediksi akan menimbulkan antrean di Gilimanuk saat mereka kembali nanti. Sebab, mereka akan kembali bersamaan diakhir libur tahun baru.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi antrean panjang di jalan utama menuju pelabuhan Gilimanuk, Polres Jembrana dan Dinas Perhubungan Jembrana sudah menyiapkan lahan terminal kargo di lingkungan Penginuman untuk menampung kendaraan yang akan keluar Bali jika terjadi kepadatan.

Di lahan itu sudah dipasangi trafic cone untuk mengatur antrean kendaraan. Pelayanan tiket juga disediakan agar penguna jasa sudah mengantongi tiket saat menuju pelabuhan. Jika kendaraan yang akan menyeberang ke Jawa sangat padat maka kemungkinan pola pengaturan dilakukan seperti saat arus mudik.

Dimana antrean mobil pribadi diarahkan ke jalan-jalan perkampungan di barat jalan nasional yang bermuara di parkir manuver. Sedangkan truk dan bus diarahkan tetap di jalan nasional.

“Kami dengan instansi terkait sudah mempersiapkan kantong parkir di lahan termin kargo untuk mengantisipasi jika terjadi kepadatan,” ujar Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana.

Di kantong parkir itu penguna jasa akan diatur antreannya dan juga disediakan loket tiket. Sehingga mereka tidak ada yang saling serobot dan tidak perlu lagi berhenti untuk membeli tiket.

“Masyarakat bisa memanfaatkan kantong parkir untuk antrean dan membeli tiket. Sehingga nanti saat menuju pelabuhan semua sudah lengkap,”ungkapnya.

Meski sudah menyiapkan kantong parkir namun Kapolres tetap berharap arus balik wislok tidak kembali bersamaan di hari yang sama sehingga tidak terjadi antrean panjang sampai ke jalan nasional.

“Kita berharap masyarakat tidak sampai membludak, sehingga terjadi antrean sampai mengular di Jalan Nasional,”harapnya.

General Manajer PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang, Muhammad Yasin mengatakan, arus kendaraan dan orang masuk Bali setelah Hari Raya Natal tidak sepadat saat sebelum Natal sehingga tidak terjadi antrean di pelabuhan Ketapang.

Menurutnya, Wislok yang berlibur ke Bali diperkirakan kembali naik mulai Kamis (29/12/2022) hingga jelang malam pergantian tahun Sabtu (31/12/2022).

“Untuk keluar Bali, sementara masih normal,”ujarnya.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan