Antisipasi Banjir, Tim Sungai dan Tim Katak Desa Sumerta Kelod Bersihkan Saluran Tukad Lobong

Tim Kebersihan Sungai dan Tim Katak Desa Sumerta Kelod melakukan aksi bersih-bersih di Tukad Lobong, Jalan Merdeka, Banjar Tanjung Bungkak Kelod, Jumat (7/5/2021)
Tim Kebersihan Sungai dan Tim Katak Desa Sumerta Kelod melakukan aksi bersih-bersih di Tukad Lobong, Jalan Merdeka, Banjar Tanjung Bungkak Kelod, Jumat (7/5/2021)

DENPASAR, balipuspanews.com – Tim Kebersihan Sungai dan Tim Katak Desa Sumerta Kelod secara rutin membersihkan saluran sungai yang ada diwilayahnya. Hal ini sebagai upaya mencegah terjadinya banjir saat musim hujan.

Kali ini aksi bersih saluran sungai dilaksanakan di Tukad Lobong, Jalan Merdeka, Banjar Tanjung Bungkak Kelod, Jumat (7/5/2021).

Perbekel Desa Sumerta Kelod, I Gusti Ketut Anom Suardana mengatakan, pelaksanaan pembersihan sungai ini merupakan antisipasi luapan air akibat peningkatan curah hujan dan peningkatan volume sampah.

“Sehingga Tim Sungai dan Tim Katak Desa Sumerta Kelod rutin melaksanakan aksi bersih-bersih sungai,” ungkapnya.

Dalam aksi ini pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar ikut menjaga kebersihan sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai.

Mengingat sampai saat ini banyak masyarakat khususnya yang tinggal di bantaran sungai masih ada yang membuang sampah ke sungai.

“Air merupakan sumber kehidupan untuk itu kami ajak masyarakat bersama sama ikut menjaga kebersihannya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Anom Suardana mengaku Tim Sungai dan Tim Katak Desa Sumerta Kelod setiap harinya telah memiliki tugas pokok di setiap wilayahnya untuk melakukan pembersihan sungai di posnya masing-masing.

Sedangkan setiap minggu sekali mereka bergabung untuk melakukan aksi bersih-bersih sungai.

Anom Suardana menambahkan Desa Sumerta Kelod juga memiliki Tim Respon Cepat khusus untuk menangani permasalahan emergency dan kedaruratan. Dengan dibentuk tim tersebut dapat menangani permasalahan di wilayah desa.

Penulis : Gde Candra
Editor : Oka Suryawan