Anggota TNI, Polri dan warga Subak Lagan Bebalang Bangli kompak bersihkan saluran irigasi
Anggota TNI, Polri dan warga Subak Lagan Bebalang Bangli kompak bersihkan saluran irigasi

BANGLI, balipuspanews.com- Polisi dan TNI menunjukan kedekatannya dengan masyarakat. Seperti terlihat diareal Subak Lagaan, banjar Tegal, Bebalang. Bangli, Minggu (15/3/2020). Anggota Polres Bangli bersama anggota Kodim 1626 dan warga subak gotong royong membersihkan saluran irigasi.

Aksi sosial tersebut dipimpin oleh Wakapolsek AKP I Ketut Purnawan, S.H, M.H. Kegiatan gotong royong yang dilakukan di saluran irigasi lahan pertanian Subak lagaan tersebut dilakukan dengan cara mengangkat tanah dan endapan lumpur yang ada pada saluran irigasi tersebut, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar air tidak meluap ketika sewaktu-waktu turun hujan.

Dalam kesempatan tersebut Lurah Bebalang I Gusti Ngurah Alit, S.Sos, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak terkait lebih khusus jajaran Kepolisian Bangli dan Kodim Bangli serta semua pihak yang telah membantu kegiatan pembersihan saluran irigasi yang selama ini dikeluhan oleh para petani.

“ Kami juga berharap kegiatan semacam ini dapat dilakukan secara berkala sehingga bisa memotivasi masyarakat yang lain untuk ikut melaksanakan kegiatan gotong royong,” tambahnya.

Wakapolsek Bangli AKP I Ketut Purnawan, S.H, M.H, menambahkan,kegiatan gotong royong ini dilakukan untuk membantu masyarakat petani untuk mengatasi dangkalnya saluran irigasi yang tertutup lumpur dan tanah agar nantinya tidak terjadi banjir lagi dan saluran irigasi bisa lancar.

“ Setelah dilakukan gotong royong, kini lahan pertanian yang dangkal dan tersumbat sudah dapat digunakan kembali oleh para petani untuk mengairi lahan mereka dan air tidak meluap ke jalan lagi,” ujarnya.

Sementara itu Kapolsek Bangli Kompol I Nengah Rata saat dikonfirmasi di tempat terpisah mengatakan kegiatan ini adalah untuk memperkuat Sinergitas TNI-Polri bersama dengan masyarakat.

“ Semoga apa yang kami lakukan bisa bermanfaat untuk masyarakat dan khususnya untuk para petani”, tambahnya.(riz/bas)