Selasa, Februari 27, 2024
BerandaGianyarAntisipasi Cuaca Ekstrem, Petugas Pangkas Pohon di Halaman Kantor Bupati Gianyar

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Petugas Pangkas Pohon di Halaman Kantor Bupati Gianyar

GIANYAR, balipuspanews.com – Antisipasi dini dilakukan BPBD Gianyar untuk menyikapi cuaca ekstrem yang muncul belakangan ini. Bersama Dinas PUPR Gianyar, BPBD melakukan pemangkasan pohon beringin yang ada di halaman Kantor Bupati Gianyar, Jumat (6/1/2022). Selain membahayakan, pohon tersebut juga mengancam bangunan dan fasilitas yang ada.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Putu Suamba ketika ditemui mengatakan, Dinas BPBD bekerjasama dengan Dinas PUPR, mendapat mandat dari pimpinan untuk merapikan atau pemangkasan terhadap pohon beringin yang ada di Kantor Bupati Gianyar.

Hal ini dimaksudkan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terkait dengan cuaca ekstrem. Sudah sering terjadi pohon-pohon besar yang tumbang menyebabkan kerugian masyarakat.

“Ada yang menimpa motor, menimpa mobil,” ujarnya.

Lebih lanjut, di Kantor Bupati sendiri banyak ada aktivitas terutama dari pegawai maupun masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan.

“Guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, maka Bapak Bupati, memerintahkan kami BPBD bersama Dinas PUPR untuk mengadakan merapikan atau pemangkasan terhadap pohon beringin yang ada,” katanya.

BACA :  Gelar Safer Internet Day, Kemenko PMK Dorong Upaya Perlindungan Anak di Ranah Daring

Selain pemangkasan pohon di halaman Kantor Bupati, juga dilaksanakan pemangkasan pohon di areal Pasar Ubud, sebab disana ada kegiatan proyek pembangunan pasar.

“Kami lagi berproses untuk merapikan pohon beringin agar pembangunan Pasar Ubud bisa berjalan lancar,” lanjutnya.

Disamping itu, banyak permohonan dari masyarakat yang mengajukan untuk melakukan pemangkasan khususnya pohon-pohon besar yang berada di pura maupun tempat-tempat umum.

Sementara itu, Bupati Gianyar I Made Mahayastra mengatakan melihat terlalu lebatnya pohon beringin hingga menutupi pos jaga satpol PP bahkan sampai menutup Kodim 1616/Gianyar.

Terlebih, beberapa hari ini cuaca khususnya di wilayah Bali diguyur hujan disertai dengan angin kencang yang dapat membahayakan bagi pegawai maupun masyarakat yang melakukan aktivitas di areal kantor bupati. Sehingga perlu dilaksanakan pemangkasan pohon tersebut.

Selain mencegah terjadinya pohon tumbang, pemangkasan pohon bertujuan untuk mempercantik bentuk pohon.

“Selain meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, pemangkasan pohon juga dapat mempercantik bentuk pohon,” ujar Bupati Mahayastra.

Penulis : Ketut Catur

Editor : Oka Suryawan 

BACA :  PLN Icon Plus Bali Nusra Rapikan Kabel Fiber Optik di Desa Padangsambian Kelod
RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular