Kodim 1616/Gianyar tidak mau ketinggalan berpartisipasi pada kegiatan yang sama di tengah mewabahnya Virus Corona (Covid-19)
Kodim 1616/Gianyar tidak mau ketinggalan berpartisipasi pada kegiatan yang sama di tengah mewabahnya Virus Corona (Covid-19)

GIANYAR, balipuspanews.com – Jika sebelumnya Kodim 1623/Karangasem dan Kodim 1611/Badung yang telah melaksanakan kegiatan donor marah, Kodim 1616/Gianyar tidak mau ketinggalan berpartisipasi pada kegiatan yang sama di tengah mewabahnya Virus Corona (Covid-19).

Kegiatan sosial kesehatan ini patut diacungi jempol karena kepedulian Anggota Kodim 1616/Gianyar pada sesama yang membutuhkan bantuan donor darah.

Pada kesempatan kali ini Kodim 1616/Gianyar kembali menggandeng dan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gianyar dan kegiatan dipusatkan di Aula Makodim 1616/Gianyar, Jumat (03/04/2020) pagi.

“Perkembangan situasi saat ini dengan mewabahnya Virus Corona atau Covid 19 di wilayah Indonesia pada umumnya dan khususnya di Kabupaten Gianyar perlu langkah-langkah proaktif dari semua pihak dengan upaya preventif dengan menyiapkan segala sesuatu berkaitan dengan dukungan di bidang kesehatan”, demikian dijelaskan oleh Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Frandi Siboro di sela-sela berlangsungnya donor darah tersebut.

Menurutnya Jajaran TNI AD dan khususnya Kodim 1616/Gianyar memberikan perhatian yang serius terhadap hal-hal yang berkenaan dengan bidang sosial kesehatan makanya dengan segera menggelar kegiatan donor darah untuk membantu PMI dan masyarakat.

“Salah satu yang dapat kita lakukan dalam mengantisipasi kekurangan stok darah di Bank Darah PMI Kabupaten Gianyar saat ini adalah dengan melakukan kegiatan sosial donor darah yang melibatkan Personel Kodim 1616/Gianyar bekerja sama dengan PMI Gianyar”, kata Letkol Frandi Siboro.

Lebih lanjut Dandim mengungkapkan bahwa dalam menghadapi semakin meningkatnya penyebaran Virus Corona dan dengan penerapan social distancing dan physical distancing sudah barang tentu akan semakin berkurangnya partisipasi masyarakat untuk melakukan donor darah, oleh karena itu upaya kita membantu PMI untuk menyediakan stok darah menjadi sangat penting.

“Dalam kegiatan donor darah ini tidak banyak melibatkan personel karena hal-hal yang berkaitan dengan social distancing tersebut seperti tidak berkerumun dan menjaga jarak tetap kami terapkan dengan baik”, ujar Dandim.

Sementara itu, Manager Kualitas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gianyar I Putu Aditama Dewantara, A.Md.AK.,mengucapkan terima kasih kepada Kodim 1616/Gianyar atas partisipasinya dalam menyumbangkan darah.

Senada dengan apa yang disampaikan Dandim, Putu Aditama Dewantara mengatakan stok darah saat ini memang berkurang di PMI akibat Virus Corona karena di berlakukan social distancing sehingga masyarakat membatasi diri untuk keluar rumah dan permasalahan seperti ini pasti dialami oleh semua Kabupaten yang ada di Bali.

“Kedepannya kami berharap partisipasi masyarakat dan instansi lainnya untuk ikut menyumbangkan darahnya sehingga ketersediaan darah di Kabupaten Gianyar dapat tetap terpenuhi”, harap Putu Aditama Dewantara. (Rls/bpn/tim)