Kamis, Juni 20, 2024
BerandaKarangasemAntisipasi Kepadatan Selama IBTK, Badan Pengelola Siapkan 11 Lokasi Sebagai Kantong Parkir...

Antisipasi Kepadatan Selama IBTK, Badan Pengelola Siapkan 11 Lokasi Sebagai Kantong Parkir Cadangan

KARANGASEM, balipuspanews.com – Badan Pengelola Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih mulai membuat skema untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan pamedek selama berlangsungnya Karya Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) tahun 2024 di Pura Agung Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem.

Salah satu skema yang akan diterapkan yakni menyiapkan kantong parkir cadangan pada lahan masyarakat yang ada disekitaran Pura Dalem Puri Besakih.

Kantong parkir ini nantinya akan langsung difungsikan apabila arus kendaraan pamedek mulai padat dan lokasi parkir yang disediakan telah penuh.

Kepala Badan Pengelola Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih, I Gusti Lanang Muliarta kepada wartawan, Selasa (19/3/2024) mengatakan, ada sekitar 11 lokasi lahan kantong parkir cadangan yang disiapkan selama berlangsungnya Karya IBTK tahun 2024 dimana puncak karya akan berlangsung pada tanggal 24 Maret mendatang.

Penyiapan kantong parkir cadangan ini sebagai upaya antisipasi, mengingat pengalaman tahun sebelumnya, pada hari-hari tertentu pamedek yang datang luar biasa membludak, sehingga tempat parkir yang tersedia tidak mampu untuk menampung seluruh kendaraan pamedek yang datang ke Pura Besakih.

BACA :  APBD Semesta Berencana Tahun 2023 Terealisasi 6,77T, dari Target 7,24 Triliun

“Nanti ketika tempat parkir utama sudah penuh baru para pamedek diarahkan oleh pecalang untuk menuju ke lokasi parkir cadangan yang disediakan,” kata Muliarta.

Sementara itu, untuk tempat parkir utama yang dimiliki badan pengelola sendiri seperti tempat parkir Kedungdung, lokasi parkir tersebut diperuntukkan khusus untuk kendaraan besar seperti Bus dan sejenisnya. Sedangkan untuk parkir Manik Mas yang sebelah kiri jalan itu untuk mobil dan kanan jalan untuk motor. Jika parkir tersebut sudah penuh maka kendaraan akan diarahkan menuju tempat parkir cadangan yang sudah disediakan.

Penulis: Gede Suartawan

Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular