22/09/2020, 12:02 AM
Beranda Bali Jembrana Antisipasi Lonjakan Arus Balik, Simulasikan Pemeriksaan

Antisipasi Lonjakan Arus Balik, Simulasikan Pemeriksaan

NEGARA, balipuspanews.com – Untuk menyambut arus balik, pasca lebaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid 19 Jembrana sudah membuat dua lokasi pemeriksaan.

Agar petugas bemar-bemar siap dalam melakukan pemeriksaan terhadap semua orang yang masuk Bali, Rabu (27/5) digelar simulasi pemeriksaan kesehatan.

Simulasi itu dilaksanakan di pos pemeriksaan untuk pengendara sepeda motor dan pejalan kaki serta penumpang angkutan umum, di obyek wisata teluk Gilimanuk.

Pada simulasi yang diarahkan Kabag Ops Polres Jembrana Kompol IWayan Sinaryasa, diskenariokan terjadi lonjakqn arus balik.

Petugas dari Dinas Perhubungan, Polisi,TNI, Satpol PP dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di pintu masuk pos memeriksa surat-surat, barang bawaan dan kelengkapan kendaraan serta identitas mereka. Termasuk juga memeriksa surat jalan, surat keterangan rapid tes dan persyaratan lainnya.

Mereka yang persyaratanya lengkap dan tujuanya jelas serta ber KTP Bali langsung diperbolehkan melanjutkan perjalanan. Sedangkan yang tidak membawa KTP atau tujuanya tidak jelas dan tidak ber KTP Bali dipulangkan.

Sedangkan yang memenuhi syarat tetapi tidak tidak membawa hasil rapid tes dari jawa diarahkan ke tempat rapid tes dan diminta menunggu dengan tetap melaksanakan phisical distancing. Satu persatu kemudian dipanggil untuk dicatat identitasnya kemudian masuk ke ruang rapid tes.

Mereka yang hasilnya negatif diperbolehkan melanjutkan perjalanan. Sedangkan yang hasilnya reaktif diantar dengan Ambulance ke daerah tujuanya untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

“Simulasi ini kita laksanakan untuk mengetahui kesiapan sarana dan prasarana serta petugas yang melakukan pemeriksaan,” ujar Asisten  Pemkab Jembrana I Nengah Ledang.

Dengan simulasi ini, kata Ledang maka semua petugas akan tahu apa tugas dan apa yang dilakukan serta apa saja sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Sehingga saat pelaksanaan yang dimulai Kamis (28/5) semuanya sudah siap terutama ketika terjadi lonjakan arus balik. Selain pemeriksaan ketat di Gilimanuk, Ledang berharap mereka yang menyebrang ke Bali, sudah disaring di pelabuhan Ketapang.

Penulis/editor : Anom

- Advertisement -

Sepintas Seperti WNA Mayat Tanpa Identitas, Gegerkan Warga Desa Penuktukan

BULELENG, balipuspanews.com - Penemuan sosok mayat laki-laki tanpa identitas ditemukan di Pantai Palisan, Desa Penuktukan, Kecamatan Tejakula sekitar pukul 06.00 Wita oleh seorang warga...

Turis Wanita Asal Ukraina Dijambret di Jalan Raya Semer, Pelaku Masih Dikejar Polisi

KUTA UTARA, balipuspanews.com - Usai galungan, jambret kembali beraksi. Kali ini menimpa seorang turis wanita asal Ukraina, berinisial DB. Korban terjatuh dan luka-luka setelah...
Member of
Dewan Pers

Download Balipuspanews
Google Play