Pos kesehatan di Gilimanuk
Pos kesehatan di Gilimanuk

NEGARA, balipuspanews.com – Dua tempat pemeriksaan kesehatan dan rapid tes untuk orang yang masuk Bali di Gilimanuk dinilai masih kurang.

Sehingga Bupati Jembrana I Puutu Artha menginstruksikan untuk menambah satu tempat pemeriksaan kesehatan dan rapid tes di Gilimanuk.

Penambahan tempat pemeriksaan kesehatan dan rapid tes itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penyeberangan dan pembawa logistik masuk Bali.

“Selain di pos pemeriksaaan pelabuhan dan TIC Gilimanuk, sesuai kebijakan bapak bupati kita siapkan lokasi ketiga,” ujar Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana, dr I Gusti Agung Putu Arisantha, Senin (1/6). Lokasi ketiga itu yakni di Anjungan Betutu Gilimanuk (ABG).

“Kita juga sudah siapkan petugas tambahan akan diback up analis dan perawat dari 3 RS Swasta di Jembrana. Tenaga itu dikhususkan untuk shif malam hari karena potensi pelaku penyeberangan lebih banyak dimalam hari,” jelasnya .

Sebelumnya, pelaksanaan rapid test di Gilimanuk sebagai upaya screening arus balik, sehari-hari mengandalkan petugas medis Jembrana sebanyak 10 orang.

Mereka merupakan tenaga analis dan perawat yang diambil dari beberapa Puskesmas se-Jembrana.

5 orang ditempatkan di pos pelabuhan dan 5 orang lagi di pos pemeriksaan Tourist Information Centre ( TIC ) diareal teluk Gilimanuk.

Untuk perkembangan Covid-19 embrana, jumlah pasien positif covid-19 di Jembrana sebanyak 17 orang, 12 diantaranya sudah dinyatakan sembuh. Sedangkan total jumlah PDP di Jembrana mencapai 25 orang dan lima orang masih dirawat di RSU Negara.

Penulis/editor : Anom/Artayasa