Antisipasi Masuknya Varian Omicron, Turnamen International Youth Championship Ditunda

Gubernur Bali Wayan Koster
Gubernur Bali Wayan Koster

DENPASAR, balipuspanews.com – Pelaksanaan Turnamen International Youth Championship 2021 harus ditunda guna mengantisipasi virus Covid-19 Varian Omicron masuk ke Indonesia. Dimana berdasarkan data telah virus ini telah masuk dan menyebar di beberapa negara di Eropa termasuk Asia. Pemerintah DKI Jakarta serta Pemerintah Provinsi Bali menyikali untuk menunda turnamen ini.

Demikian disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster dalam konferensi persnya yang dilakukan secara virtual dari Rumah Jabatan Gubernur Bali, Denpasar, pada Jumat (3/12/2021) malam.

Lebih jauh dalam arahannya, Gubernur Bali Wayan Koster yang didampingi oleh Chairman Pancoran Soccer Field, Gede Widiada menyampaikan bahwa turnamen yang sedianya akan dilaksanakan pada tanggal 4-11 Desember 2021 ditunda pelaksanaannya demi kesehatan dan keselamatan seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat di wilayah Jakarta dan Bali.

Ditambahkannya, meskipun secara data kasus harian Covid-19 di Provinsi Bali dapat dikatakan sudah melandai, dimana untuk hari ini (Jumat 3/12/2021) penambahan pasien positif 11 orang, sembuh 9 orang dan meninggal 0. Namun demikian, tidak boleh lengah dan harus tetap waspada dengan adanya varian Covid-19 Omicron yang penyebarannya diindikasikan sangat cepat.

“Jadi sebenarnya kondisi kita saat ini sangat bagus, tetapi kondisi bagus ini perlu kita sikapi dengan kewaspadaan yang tinggi. Jangan sampai terjadi lonjakan kasus lagi seperti beberapa bulan lalu. Kita semua harus tetap waspada jangan sampai varian baru Covid-19 ini masuk ke Indonesia,“ imbuhnya.

Gubernur menambahkan bahwasannya pihaknya sangat mengapresiasi langkah bijak yang diambil oleh Pemerintah Pusat yang melindungi kesehatan warganya dari masuknya varian Covid-19 Omicron dengan memperketat pintu pintu masuk serta meminta penundaan kegiatan olahraga maupun kebudayaan yang melibatkan warga negara asing dan berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Saya paham pasti ada rasa kecewa karena turnamen ini ditunda, tetapi harus kita pahami bersama dengan baik keputusan ini demi keselamatan dan kesehatan kita bersama. Kita semua agar bisa memakluminya,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam konferensi persnya secara virtual, dimana selain turnamen, peresmian Jakarta International Stadium (JIS) juga ditunfa pelaksanannya.

Pihaknya juga sangat mengapresiasi sikap dan kebijakan yang diambil Pemerintah Pusat yang menginstruksikan penundaan kegiatan melibatkan warga negara asing sehingga celah-celah masuknya Virus Omicron ke Indonesia dapat diantisipasi.

Penulis: Budiarta

Editor: Oka Suryawan

Redaksi | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik | Privacy Policy | Copyright | About Us
Member of
Exit mobile version