Selasa, Mei 21, 2024
BerandaKlungkungAntisipasi Peningkatan Harga Pokok, Klungkung Akan Gelar Operasi Pasar

Antisipasi Peningkatan Harga Pokok, Klungkung Akan Gelar Operasi Pasar

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menggelar rapat khusus bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah di Ruang Rapat Kantor Bupati Klungkung, Rabu (14/9/2022).

Hal itu dilakukan menindaklanjuti hasil pemantauan harga sejumlah bahan pangan komoditas pertanian baik grosir maupun retail di Pasar Umum Galiran, Kecamatan Klungkung, serta di Pasar Mentigi dan Lembongan Kecamatan Nusa Penida, Klungkung,

Dilaporkan terjadi peningkatan harga retail yang drastis dari harga grosir di Klungkung daratan, akta itu dikemukakan dalam pertemuan tersebut.

Kebutuhan bahan pokok setelah tiba di kepulauan Nusa Penida, harganya pun semakin meningkat. Contohnya Bawang merah asal Bima, harga grosir di Pasar Galiran hanya Rp 20.000/kg sedangkan harga retail di Pasar Galiran Rp 22.000/kg, sementara di Pasar Mentigi dan Lembongan Nusa Penida mencapai Rp 35.000/kg.

Begitu pula harga beras premium, harga grosir dijual Rp 11.000/kg sedangkan harga retail menjadi Rp 11.800/kg hingga Rp 12.000/kg di Kecamatan Nusa Penida.

Untuk mengantisipasi peningkatan harga tersebut, Bupati Suwirta pun mengambil langkah intervensi harga pasar dengan menggunakan dana BTT.

BACA :  Maksimalkan Pemanfaatan Lahan Pekarangan, Diperpa Badung Gelar Bimtek Ketahanan Pangan Untuk TP PKK Kabupaten Badung

Dirinya menugaskan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Klungkung untuk menjalin kerjasama dengan sejumlah pihak seperti Koperasi Walet Sari Ceningan, Bumdes dan PT Mitra Gema Santi untuk menyalurkan beberapa bahan pangan komoditas hasil pertanian yang dianggap sebagai penyumbang inflasi.

“Kita akan siapkan transportasi gratis untuk mengangkut sejumlah bahan komoditas pertanian untuk dijual melalui koperasi dan KUD kepada masyarakat langsung namun bukan kepada pedagang, lakukan segera karena inflasi terjadi tidak dalam hitungan hari, namun hitungan jam bahkan menit,” ujar Bupati Suwirta.

Sementara itu Kadis UKM Perindagkop Klungkung, Wayan Ardiasa membenarkan Bupati Klungkung meminta dinasnya menyiapkan transport gratis untuk mengangkut sejumlah komoditas pertanian.

Penulis: Roni

Editor: Budiarta

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular