Festival Film KNPI Youth Fest 2019 di Gedung Praja Mandala Kantor Bupati KLungkung
Festival Film KNPI Youth Fest 2019 di Gedung Praja Mandala Kantor Bupati KLungkung
sewa motor matic murah dibali

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Serangkaian menyambut dan memperingati Hari Ulang Tahun Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang ke 46, DPD. KNPI Kabupaten Klungkung  mengggelar Klungkung Youth Fest 2019.

Untuk itu  berbagai jenis lomba digelar. KNPI KLungkung melaksanakan kegiatan dengan menunjuk Ketua Panitia KNPI Youth Fest 2019  Ketut Sugiana,SPd dan Sekretaris Luh Dewi Indah Sari . Mengawali lomba secara khusus digelar  lomba Film Festival pada Sabtu(20/7)bertempat di Gedung Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung.

Ketua KNPI Klungkung Anak Agung Gde Indra Prayoga ditemui diajang festival Film ini menyebutkan untuk lebih bermakna dan transfarans nya penilaian untuk Lomba Festival Film ini dipilih juri yang mumpuni dibidang sineas Film antara  lainSamsul Hadi,I Gusti Made Aryadi, S.Sn., M.Sn dan I Made Maha Dwija Santya, SE.

Sementara itu Tim Juri I Made Maha Dwija Santya, SE. MenyebutkanJumlah film dalam ajang KNPI Klungkung Film Festival kali ini menyertakan sekitar 13 film . “ Adapun peserta yang ikut adu kreasi karyanya antara lain diikuti oleh Komunikatas Film dan  Cinema yang ada di Klungkung, serta sekolah-sekolah yang ada di Klungkung maupun peserta beberapa perwakilan dari luar Klungkung,”ujar Maha Dwija optimis.

Perlombaan Festival Film  ini dibuat dalam serangkaian Klungkung Youth Festival 2019 ini yang dilaksanakan oleh DPD  KNPI Klungkung,sekaligus memperingati  dan merayakan HUT KNPI yang  ke-46 tahun.

“Semoga kedepannya pemuda dalam penghobi cinema khususnya di Klungkung dan di Bali lewat festival yang kami adakan, bisa menjadi wadah atau tempat beradu kreasi antar pegiat cinema yang mana kelak bisa melahirkan produser, editor maupun artis yang mempunyai nama dan diperhitungkan di jagat perfilman” ucap Gung Indra selaku Ketua KNPI Klungkung

Sementara itu  Ketua Panitia Kegiatan Ketut Sugiana,SPd menyatakan Terkait jenis lomba Kompetisi Film Pendek ini ,adapaun  thema yang diusung “ Peran Pemuda Dalam Merajut  Toleransi Kebangsaan”. Kompetisi digelar terbuka untuk umum,yang mengutamakan Peran Pemuda dalam Merajut Toleransi Kebangsaan. Sementara Durasi Film  3 sampai 7 menit termasuk opening dan credit titel. Karya Film yang dilombakan merupakan karya asli peserta dan belum pernah diikutsertakan atau dipublikasikan untuk keperluan yang bersifat komersil serta harus bebas dari setiap kontrak atau ikatan lain.Musik/lagu dan materi lainnya (foto, grafis & lain-lain) tidak melanggar hak cipta. Yang penting Panitia berhak menggunakan semua karya peserta dan menayangkannya kepada publik, baik di stasiun TV nasional maupun swasta serta media online.

Ketua KNPI KLungkung A.A.Gde Indra Prayoga menyebutkan  nantinya KNPI KLungkung selaku yang menggelar kegiatan lomba memiliki hak siar dan dapat menggunakan materi foto dan/atau video karya peserta, sebagian maupun utuh.” Jika di kemudian hari ditemukan bukti bahwa karya pemenang diragukan keasliannya, maka penyelenggara berhak membatalkan dan menarik penghargaan/hadiah yang sudah diberikan,”ujar Ketua KNPI KLungkung AA Indra Prayoga  tegas.

Untuk jenis Lomba Film Pendek ini panitia memberikan penghargaan bagi karya film terbaik akan memperebutkan piala, piagam dan dana pembinaan sebagai berikut : Film Terbaik 1 (Piala Piagam + Uang Pembinaan Rp3.000.000), Film Terbaik 2 (Piala + Piagam + Uang Pembinaan Rp2.000.000),Film Terbaik 3 (Piala Piagam Uang Pembinaan Rp1.000.000),. Film Terfavorit (Piala Piagam + Uang Pembinaan Rp1.000.000). (Roni/bpn/tim)