Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2019 berlangsung di Lapangan Tanah Aron Amlapura, Minggu (10/11)
Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2019 berlangsung di Lapangan Tanah Aron Amlapura, Minggu (10/11)
sewa motor matic murah dibali

KARANGASEM, balipuspanews.com – Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2019 berlangsung di Lapangan Tanah Aron Amlapura, Minggu (10/11). Selaku inspektur Upacara Dandim 1623 Karangasem Letkol Inf. Bima Santosa. Dalam kegiatan Apel tersebut juga turut hadir, Ketua DPRD Kabupaten Karangasem I Gede Dana serta Wakil Ketua DPRD, Wakapolrs Kompol Aris Purwanto, S.H.,S.I.K.,M.H., Pj. Sekda Kab. Karangasem I Gusti Made Rinceg, Kepala OPD dan para veteran.

Sambutan Menteri sosial RI Juliari P Batubara yang dibacakan oleh Dandim 1623 Karangasem Letkol Inf. Bima Santosa mengatakan bahwa, Setiap Hari Pahlawan kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surbaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Bima santosa menerangkan kembali bahwa Peristiwa Perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.
“Oleh sebab itu, semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia,” tuturnya

Dengan Peringatan Hari Pahlwan diharapkan seluruh komponen masyarakat akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa ” Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menajdi bangsa yang besar”, ucapnya. Selain itu peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak – anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan masa kini.

Bima santosa menegaskan kembali bahwa Menjadi Pahlawan Masa Kini juga dapat diakukan oleh siapapun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi – aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti tolong menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menggangu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugukan orang lain dan sebagainnya. “Dengan menjadikan diri kita sebagai Pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. Utuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia,”imbuhnya

Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat. Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain

Selesai Upacara Peringatan, pemerintah Kabupaten Karangasem melanjutkan dengan acara Tabur Bunga yang dipusatkan di Pelabuhan Tanah Ampo. (Rls/bpn/tim)