Sabtu, Mei 18, 2024
BerandaBangliApreasiasi Kinerja Bupati, Fraksi Golkar Harapkan APBD Bangli 2024 Prioritaskan Pendidikan dan...

Apreasiasi Kinerja Bupati, Fraksi Golkar Harapkan APBD Bangli 2024 Prioritaskan Pendidikan dan Kesehatan

BANGLI, balipuspanews.com – Fraksi Golkar dalam penyampaian pandangannya terhadap penyusunan RAPBD Bangli 2024, Selasa (10/10/2023), berharap eksekutif memprioritaskan program – program yang menyangkut kepentingan kesejahteraan masyarakat. Kepentingan masyarakat yang dimaksud fraksi beringin antara lain sector pendidikan dan kesehatan. Sikap partai pimpinan Airlangga Hartato itu disampaikan juru bicara fraksi Golkar Nyoman Budiada.

Golkar juga mendorong eksekutif mengoptimalkan dana sektoral dan kementerian terkait untuk dapat masuk ke Kabupaten Bangli sehingga dapat membantu proses pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Secara umum, fraksi Golkar mengapresiasi kinerja daerah dalam mewujudkan harapan masyarakat yang dituangkan dalam Program Pembangunan Menuju Krama Bangli yang sejahtera, terintegrasi dalam tema Peningkatan Daya Saing Daerah Melalui Peningkatan Pelayanan Dasar, Perekonomian dan kualitas Infrastruktur yang berwawasan Lingkungan Dengan Didukung oleh tata kelola Pemerintahan yang efektif dan efesien.

Secara khusus, Golkar memberikan masukan agar dalam mengelola keuangan baik dalam penerimaan sebagai pendapatan daerah maupun dalam pengeluaran dilakukan dengan tertib, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggungjawab.

“Tentunya dengan memperhatikan rasa keadilan, kepatutan manfaat untuk masyarakat dan taat kepada ketentuan peraturan perundang-undangan,” kata Budiada.

Sementara itu, fraksi PDIP dalam sikapnya yang dibacakan oleh I Gusti Nyoman Bagus Triyana mengharapkan pemerintah daerah dalam dalam menyusun rencana kerja anggaran berpihak pada kebijakan pro rakyat. Dengan demikian, bisa menguatkan ekonomi kerakyatan.

Bagus Triyana menegaskan, sebagai kompensasi kepada petani, pihaknya mengharapkan pemerintah daerah memperhatikan dan mengalokasikan anggaran untuk mendukung ketahanan swasembada pangan yang berkelanjutan dan mendukung kepada subak menuju tani tangguh.

Sementara Fraksi Restorasi Hati Nurani yang dibacakan juru bicaranya I Ketut Guna mengharapkan TAPD dimasing-masing OPD agar lebih serius dan berkomitmen untuk menindaklanjuti aspirasi – aspirasi yang ada di masyarakat berupa bantuan social yang diterima langsung oleh masyarakat, baik yang disampaikan lewat musrenbang maupun lewat reses yang telah dilakukan.

Sedangkan fraksi Demokrat melalui jubirnya I Made Sudiasa menyampaikan apresiasinya kepada eksekutif yang merancang kenaikan PAD Bangli mencapai Rp 240 miliar dalam APBD Bangli 2024. Dengan demikian, mampu menaikan belanja yang diperlukan untuk pembangunan, utamanya kebutuhan masyarakat Bangli.

Partai berlambang mercy ini merekomendasikan agar eksekutif mengutamakan belanja modal sehingga mampu memicu inovasi masyarakat secara luas.

Penulis/Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular