Masyarakat rela menonton dilayar tancap, saat sekaa gong kebyar duta kabupaten Gianyar tampil berhadapan Kota Denpasar.
Masyarakat rela menonton dilayar tancap, saat sekaa gong kebyar duta kabupaten Gianyar tampil berhadapan Kota Denpasar.
sewa motor matic murah dibali

DENPASAR, balipuspanews.com- Penampilan gong kebyar dewasa yang dibalut dengan sebuah parade, Kabupaten Gianyar dan Kota Denpasar pukau penonton pencinta seni karawitan hingga memenuhi kapasitas panggung terbuka Ardha Candra, taman budaya art center, Selasa (18/6) malam.

Terbukti ratusan penonton yang rela duduk beralaskan sendal didepan layar tancap yang dipasang di depan pintu masuk panggung ardha candra, karena tidak bisa masuk akibat penonton yang membludak.

Selain itu, ada pula penonton yang berdiri di barisan paling belakang dan berdesakan dari panggung terbuka ardha candra Denpasar.

Ribuan masyarakat tumpah ruah memadati panggung paling bergengsi di taman budaya art center untuk menyaksikan pentas seni Gong Kebyar yang menjadi ajang yang dinanti-nanti pencinta seni karawitan Bali.

Turut hadir menyaksikan pementasan parade gong kebyar dewasa yaitu Gubernur Bali I Wayan Koster, didampingi istri Putri Suastini Koster, serta Kadis Kebudayaan Provinsi Bali dan OPD dari masing-masing Kabupaten dan Kota.

Seperti diketahui, penampilan perdana parade gong kebyar dewasa duta dari Bumi Seni yang diwakili Sekaa Gong Panji Kumara mas, Banjar Jasri, Desa Belega, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, yang berhadapan dengan duta Kota Denpasar, yang diwakili Sekaa Gong Sapta Yowana Shanti, Desa Pakraman Sumerta, Kecamatan Denpasar Timur, menjadi ajang unjuk kebolehan dua sekaa gong yang memamerkan garapan dan ternik memainkan gamelan gong kebyar.

Penampilan terakhir dari masing-masing Kabupaten/Kota dengan menampilkan garapan pamungkas yaitu berupa garapan Tari Kreasi.

Melalui garapan yang apik, yang dipersembahkan kedua kubu, baik secara teknik membawakan tabuh dan tari serta ornamen pendukung lainnya membuat penonton sorak-sorak sambil memberikan tepuk tangan dengan meriah serta suara riuh hingga di penghujung acara sampai pukul 22.00 Wita. (bud/bpn/tim)