Artis Senior Harvey Malaihollo Dilantik Jadi Anggota DPR RI

Pelantikan dua Anggota DPR RI Pengganti Antar Waktu (PAW), Harvey Malaihollo dari Fraksi PDI Perjuangan dan Dian Istiqomah dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dalam Rapat Paripurna ke-12 DPR RI Pembukaan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2021-2022, Selasa (11/1/2022). (Foto: DPR RI)
Pelantikan dua Anggota DPR RI Pengganti Antar Waktu (PAW), Harvey Malaihollo dari Fraksi PDI Perjuangan dan Dian Istiqomah dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dalam Rapat Paripurna ke-12 DPR RI Pembukaan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2021-2022, Selasa (11/1/2022). (Foto: DPR RI)

JAKARTA, balipuspanews.com – Pelantikan dua Anggota DPR RI Pengganti Antar Waktu (PAW) menjadi salah satu agenda dalam Rapat Paripurna ke-12 DPR RI Pembukaan Masa Persidangan III Tahun Sidang 2021-2022, Selasa (11/1/2022).

Rapat paripurna resmi menetapkan Harvey Malaihollo dari Fraksi PDI Perjuangan dan Dian Istiqomah dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi anggota DPR RI. Penetapan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 146/P Tahun 2021 tentang peresmian pengangkatan antar waktu Anggota DPR RI dan Anggota MPR RI sisa masa jabatan tahun 2019-2024.

Harvey sebelumnya dikenal sebagai artis senior Indonesia menggantikan rekan separtainya dari daerah pemilihan (dapil) Papua Barat, Jimmy Demianus Ijie yang meninggal akibat Covid-19 pada Juli lalu. Sedangkan Dian Istiqomah menggantikan politisi senior asal daerah Pemilihan DKI Jakarta III, Abraham Lunggana (Haji Lulung) yang juga meninggal dunia.

Baca Juga :  Petani di Desa Bengkala Diajak Menanam Jagung Sorghum

“Sebelum memangku jabatan anggota DPR RI saudara wajib bersumpah, berjanji menurut agama masing-masing, apakah saudara-saudara bersedia? Patut saya ingatkan bahwa Sumpah, janji yang saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap Bangsa dan Negara Republik Indonesia. Tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD 1945. Sumpah, janji kepada Tuhan YME dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran. Saya harap saudara-saudara mengikuti lafal supah janji yang akan saya pandu,” ucap Ketua DPR RI Puan Maharani memandu pengucapan sumpah janji calon anggota PAW DPR RI.

Usai pemberian ucapan dari seluruh Pimpinan DPR RI yang hadir, Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar yang memimpin jalannya Rapat Paripurna tersebut mengungkapkan harapannya kepada Anggota DPR RI yang baru saja dilantik.

Baca Juga :  Wisatawan Arab Tewas Saat Rafting di Telaga Dwaja

Gus Muhaimin, panggilan Muhaimin Iskandar berharap agar keduanya tetap amanah, dan ke depan lebih memperkuat tugas-tugas konstitusional dewan.

Ditemui usai pelantikan sebagai Anggota DPR RI, Harvey Malaihollo menegaskan tekadnya menjalankan tugas-tugas kedewanannya dengan sebaik-baiknya. Penyanyi yang mengeluarkan banyak album ini bertekad akan meneruskan berbagai program untuk masyarakat di dapilnya, Papua Barat, yang sebelumnya tengah diperjuangkan oleh almarhum Jimmy Demianus Ijie.

“Sebagai petugas partai, saya siap ditugaskan di mana saja, di komisi berapa saja. Kalau di Komisi X sesuai dengan background profesi saya sebelumnya, ya saya suka,” sebut Harvey mengenai keinginan dirinya ditempatkan di salah satu dari 11 komisi yang ada di DPR RI.

Baca Juga :  Cegah Pasokan Narkoba Akhir Tahun, BNN Gelar Operasi di Seluruh Indonesia

Tetapi jika tidak pun, Harvei mengaku siap ditempatkan di komisi mana saja, misalnya di Komisi V seperti yang ditempati oleh almarhum Pak Jimmy sebelumnya.

“Bahkan saya juga akan meneruskan perjuangan almarhum untuk masyarakat Papua Barat,” tegas Harvey.

Penulis : Hardianto

Editor : Oka Suryawan