Selasa, Februari 27, 2024
BerandaJembranaArus Balik di Pelabuhan Gilimanuk Mulai Ramai

Arus Balik di Pelabuhan Gilimanuk Mulai Ramai

JEMBRANA, balipuspanews.com- Memasuki hari kedua pasca Lebaran, Rabu (4/5/2022) penyeberangan di Selat Bali masih padat. Arus balik pemudik maupun wisatawan lokal itu cukup ramai yang menyeberang.

Ramainya arus mudik itu terlihat dari kapal-kapal yang melayani penyeberangan. Setiap kapal yang sandar dan bongkar muatan di Pelabuhan Gilimanuk selalu menurunkan puluhan mobil pribadi dan seped motor.

Mereka kemudian menumpuk di pos pemeriksaan surat-surat dan barang bawan kendaraan di pintu keluar pelabuhan kemudian di pos pemeriksaan KTP.

Begipula arus balik wislok yang rata-rata menggunakan mobil pribadi yang harus ngantre di depan validasi tiket. Saat kapal muat juga selalu dipenuhi mobil pribadi wislok yang kembali ke Jawa setelah berlibur di Bali.

“Sejak pagi arus balik sudah cukup ramai baik itu pemudik yang balik ke Bali atau wisatawan lokal yang balik ke Jawa,”ujar seorang petugas pelabuhan.

Dari data penyeberangan, jumlah arus balik yang masuk Bali untuk penumpang atau orang ada 31.786 orang. Sepeda motor sebanyak 1.808 unit, mobil pribadi sebanyak 4.413.
Sedangkan untuk bus dan kendaraan barang campyran sebanyak 524 unit.

BACA :  Tuntaskan Perbaikan Jalan, Nusa Penida Digelontor Dana Sebesar Rp 56 M

Sementara itu untuk yang keluar Bali, penumpang atau orang tercatat 20.734 orang, sepeda motor ada 2.240 unit, mobil pribadi 2.609 unit dan bus serta kendaraan barang campuran sebanyak 472 unit.

Kapal yang dioperasikan untuk melayani penyeberangan sebanyak 28 unit.

Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana, mengatakan, untuk pengamanan arus balik pemudik terbagi di pos pintu masuk Bali baik di dalam pelabuhan, pos KTP Terminal Gilimanuk maupun di halaman parkir Teluk Gilimanuk.

Sedangkan untuk arus balik wisatawan lokal tetap diterapkan pola pengaturan seperti saat arus mudik.

“Untuk pemeriksan barang bawaan arus Balik di pintu keluar pelabuhan atau pos 2 kita juga dibantu mobil x ray dari Brimob,” ungkapnya.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular