Lolos dari pemeriksaan KTP
Lolos dari pemeriksaan KTP

NEGARA, balipuspanews.com- Operasi ketupa Lebaran memang sudah berakhir. Namun artus balik pemudik dari Jawa masih tetap ramai.Setelah oprasi Ketupat berakhir, anggota polisi yang selama ini diperbantukan di Gilimanuk ditarik kembali ke tempat mereka tuigas sebelumnya.

Pos pemeriksaan surat-surat kendaraan, barang dan orang yang masuk Bali yang sebelumnya dipindah ke terminal Gilimanuk juga dikembalikan ke lokasi semula di pintu keluar pelabuhan. Namun aru balik yang masuk Bali masih terlihat padat. Setiap kapal bongkar muatan di pelabuhan Gilimanuk rata-rata penuh muatan kendaraan terutama sepeda motor dan mobil pribadi bercampur bus dan truk.

Antrean juga terjadi di pos 2 tempat pemeriksaan sura-surat, kendaraan dan barang di pintu keluar pelabuhan.

“ Arus balum masih terlihat ramai. Namun pemeriksaan tetap kami lakukan sesuai prosedur yang ada,” ujar Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk, Kompol Nyoman Subawa, Senin (17/6/2019). Beberapa pemudik yang balik Senin mengatakan, mereka memang kembali dari kampong halamanya setelah lebaran ketupat.

“ Kapal yang saya tumpangi penuh muatan. Yang balik sekarang masih banyak,” ujar Anto, asal Kalipuro, Banyuwangi

Diitengah masih ramainya arus balik, pemeriksaan KTP di Gilimanuk sering kecolongan. Posisi Pos Pemeriksaan KTP yang berada didalam terminal, memang cukup menyulitkan petugas untuk memantau penumpang yang baru keluar dari pelabuhan. Memang ada petugas yang mengarahkan kendaraan atau orang untuk masuk guna diperiksa KTP Nya.

Namun banyak kendaraan yang tidak mau masuk terminal terutama sepeda motor, mobil angkutan barang dan mobil pribadi dan petugas tidak bisa berbuat banyak. Dengan lolosnya kendaraan itu maka penendara maupun yang dibonceng serta sopir dan penumpang kendaraan pribadi maupun yang menumpang di kendaraan barang tidak diperiksa KTP nya.

Selain itu banyak juga pendatang yang berjalan kaki lolos dengan melintasi areal Taman Siwa atau melalui selasar untuk penumpang pejalan kaki menuju loket tiket.

Kasat Pol PP Pemkab Jembrana IGN Rai Budhi ketika dikonfirmasi mengatakan pemeriksaan KTP terhadap warga yang masuk ke Bali, merupakan prosedur tetap yang berlaku terhadap siapa saja baik yang menumpang kendaraan umum maupun membawa kendaraan pribadi atau sepeda motor.

“Kami akan sampaikaan kepada petugas agar semua kendaraan maupun penumpang pejalan kaki diarahkan amsuk pos KTP,” ujarnya. (nm/bpn/tim)