Basarnas juga terus melakukan pengawasan
Basarnas juga terus melakukan pengawasan

NEGARA, balipuspanews.com – Memasuki H+3 Lebaran, arus balik semakin padat.
Pengguna jasa penyeberangan baik yang masuk maupin keluar Bali terus mengalir dan memenuhi setiap kapal yang melayani penyeberangan.

Untuk menjaga keselamatan pelayaran selain semua kapal yang dioprasikan diminta selalu berhati-hati, Basarnas juga terus melakukan pengawasan. Dua Rib Boat dan satu kapal Basarnas terus memantau setiap pergerakan kapal yang selalu penuh muatan kendaraan baik mobil maupun sepeda motor dan ratusan orang. Pengawasan twrhadap kapal-kapal itu dilakukan karena cuaca di selat Bali sulit di prediksi.

Seperti pada Sabtu (8/06/2019) dimana di tengah selat Bali gelombanng cukup tinggi dan angin juga bertiup cukup kencang.

“Kami selain terus berkoordimasi dengan BMKG untuk mengetahui pwrubahan cuaca, juga terus melakukan oatroli guna memantau pelayaran kapal-kapal di Selat Bali,”ujar Kepala Pos SAR Jembrana Komang Sudiarsa.

Selain mengerahkam dua rib Boat dari Pos SAR Jembrana dan Buleleng, pengawadan juga dilakukan dengan satu unit kapal SAR Arjuna dari Kantor Basarnas Denpasar. Kapal Basarnas berukurab besar itu disiagakan di pelabuhan Ketapang dan sewaktu-waktu siap di gerakan jika dibutuhkan.

“Kami mulai 31 Mei sudaj siaga disini untuk melakukan pemantauan arus mudik dan arus balik,”ungkap Arif Yudianto kapten kapal SAR Arjuna.

Meski terkadang cuaca kurang bersahabat yakni angin kencang dan gelombang tinggi, namun sampai saat ini memurutnya belum menganggu pelayaran kapal yang melayani penyebrangan arus balik maupun arus balik.

“Kamu terus melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan instansi terkait. Syukur sampai saat ini penyebrangan lancar dan aman,”terangnya. (nom/bpn/tim)