Kamis, Oktober 29, 2020
Beranda Bali Buleleng Aset PPI Sangsit Diserahkan ke Provinsi

Aset PPI Sangsit Diserahkan ke Provinsi

SINGARAJA, balipuspanews.com — Proses penyerahan aset pelabuhan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Sangsit di Desa Sangsit, Kecamatan Sawan, Buleleng, dari Pemkab Buleleng ke Pemprov Bali masih dalam proses administrasi.

Saat ini proses penyerahan aset PPI Sangsit yang senilai Rp 14 Miliar itu, masih dalam penandatanganan dari pemangku kepentingan sebelum diserahkan secara resmi ke Pemprov Bali.

Kepala Dinas Perikanan Buleleng, Made Arnika mengatakan, penyerahan aset PPI Sangsit itu menindaklanjuti adanya aturan UU No. 23 tahun 2014, dimana dalam aturan tersebut ada menyebutkan kewenangan pengelolaan kelautan ada di tingkat Provinsi bukan lagi di tingkat Kabupaten.

“Dasarnya undang-undang nomor 23 itu, kewenangan laut diambil Provinsi, kami hanya pembinaan nelayan kecil,” kata Arnika, Senin (28/1).

Sejatinya sebut Kadis Arnika, proses penyerahan aset PPI Sangsit yang senilai Rp14 Miliar dari Pemkab Buleleng ke Pemprov Bali sudah berlangsung sejak bulan Desember 2018 lalu. Hanya saja, masih ada beberapa persyaratan administrasi yang harus dipenuhi, sebelum diserahkan secara resmi oleh Bupati Buleleng kepada Gubernur Bali.

“Proses bulan Desember. Tapi secara administrasi harus cari tandatangan Bupati, Ketua DPRD, dan Kejari. Provinsi juga begitu minta tandatangan Gubernur, DPRD Provinsi dan Kejaksaan Provinsi. Nanti akan dibuatkan berita acara resmi penyerahan oleh Bupati ke Gubernur,” jelasnya.

Masih kata Kadis Arnika, aset PPI Sangsit yang senilai Rp14 Miliar itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan pendamping DAK serta APBD. Dengan setelah selesai proses administrasi, maka nantinya akan dilakukan penyerahan aset secara utuh. Dan selanjutnya pemeliharaan dan operasional PPI Sangsit sepenuhnya menjadi kewenangan Provinsi Bali.

“Setelah diserahkan nanti kewenangan sudah di Provinsi. Termasuk perbaikan dermaga yang rusak, nanti Provinsi yang anggarkan, baik itu untuk perbaikan dermaga dan juga untuk operasional dari kegiatan PPI itu,” tukasnya.

- Advertisement -

Mobil Terguling di Renon, Tidak Ada Korban Jiwa

DENPASAR, balipuspanews.com-Mobil Honda HRV terguling di Jalan Cok Agung Tresna Renon, Denpasar, pada Senin (26/10/2020) sore. Meski demikian tidak ada korban jiwa dalam peristiwa...

Usut Praktik Jual Beli Senjata Ilegal ke Separatis Papua

JAKARTA, balipuspanews.com - Praktik jual beli senjata ilegal ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, yang melibatkan oknum anggota Brimob harus diselidiki secara tuntas...
Member of