Bangunan dapur milik Dewa Ketut Diana (62) warga Banjar Pekandelan,Desa Nyalian,Banjarangkan, Klungkung
Bangunan dapur milik Dewa Ketut Diana (62) warga Banjar Pekandelan,Desa Nyalian,Banjarangkan, Klungkung

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Bangunan dapur milik Dewa Ketut Diana (62) warga Banjar Pekandelan, Desa Nyalian, Banjarangkan, Klungkung nyaris ludes terbakar, menurut sumber setempat kejadian berawal ketika keluarga Dewa Ketut Diana seperti biasa memasak nasi mempergunakan kayu bakar di bangunan dapur tradisional di rumah mereka.

Tanpa diduga ketika ditinggal sejenak oleh pemiliknya untuk menyaksikan kegiatan petugas melakukan fogging atau pengasapan untuk menyemprot jentik nyamuk di Desa Tersebut, tanpa sebab yang jelas tiba tiba  api sudah membumbung tinggi. Dewa Ketut Diana (62) pemilik rumah sontak kaget langsung melakukan pemadaman secara manual seraya berteriak teriak minta tolong .

Dengan dibantu tetangga dengan menyiram air sehingga api yang sempat membesar yang hampir menghanguskan seluruh bangunan dapur mereka segera dapat dipadamkan dalam hitungan tidak sampai sejam.

Dewa Ketut Diana(62) ditemui tampak kaget tidak bisa menjelaskan apa penyebab terjadinya kebakaran yang hampir meludeskan banguna dapur rumah mereka. Korban Dewa Ketut Diana (62) hanya mengaku biasa memasak di dapur sekitar  pukul 07,00 dengan  menggunakan kayu bakar. Karena ada kegiatan fogging di sekitar dekat rumah nya di tinggal menonton penyemprotan fogging. Padahal korban rupanya pikun lupa kalau dirinya sedang memasak.

Saat korban kembali kedapur api sudah membesar melalap dapur nya. Korban Dewa Ketut Diana (62)sempat  berteriak teriak minta tolong karena atap tempat menaruh kayu bakar dengan tempat  tungku perapian memasak sangat dekat,sudah tentu api seketika  melalap kayu dan menghanguskan bangunan dapurnya.

“Tiba tiba api sudah membesar itu yang saya tau dan langsung teriak minta tolong sama tetangga untuk memadamkan api. Bersyukur api segera bisa dipadamkan,”ujarnya lirih.

Sementara itu Perbekel Desa Nyalian,Banjarangkan, Klungkung Cok Gde Putra ketika dihubungi Sabtu(8/6) membenarkan adanya bangunan dapur  milik warga Banjar Pekandelan, Desa Nyalian, Banjarangkan, Klungkung terbakar. Kebakaran terjadi pada Sabtu(8/6) sekitar pukul 7.45 Wita dan api yang sempat membesar bisa diatasi warga setempat.
“Bangunan yang terbakar  tersebut milik Dewa Ketut Diana, bersukur dalam hitungan cepat kebakaran bisa diatasi tanpa meminta bantuan dinas Kebakaran,KLungkung,”terang Perbekel Cok Gde Putra menyayangkan musibah tersebut.

Dirinya hanya meminta kepada warga agar berhati hati saat memasak,musim kering seperti saat ini sangat rawan kebakaran terjadi.Menurut Perbekel kerugian yang diderita korban sekitar 3 juta lebih . (Roni/bpn/tim)