Atletico Madrid 0-1 Chelsea: Gol Tunggal Giroud Membawa Kemenangan The Blues

16 Besar Liga Champions

chelsea vs athletico madrid
image: eurosport | chelsea vs athletico madrid

Bukarest, Rumania –  Hasil kelanjutan leg pertama 16 besar liga champions antara Chelsea vc Athletico Madrid yang bermain terbuka diwarnai saling jual beli serangan, namun hasil akhir tendangan luar biasa Olivier Giroud memberi Chelsea keunggulan tipis 1-0 atas rivalnya.

Bermain di Bukarest Rumania karena pembatasan akibat pandemi covid 19 yang mempengaruhi perjalanan antara Inggris dan Spanyol, Chelsea mendominasi penguasaan bola seperti yang telah menjadi norma di bawah Thomas Tuchel, namun The Blues membutuhkan momen keterampilan individu yang luar biasa dari penyerang berpengalaman mereka untuk mendapatkan kemenangan.

Chelsea mencoba 403 operan di babak pertama, dengan Atletico terbatas hanya pada satu upaya gol sebelum jeda – total terendah mereka setelah 45 menit pertandingan Liga Champions sejak 2016-17 dan terobosan datang pada menit ke-68 ketika tendangan keras Mario Hermoso. jatuh ke tangan Giroud.

Petaka hadir di menit 68 bagi Atletico, Giroud melakukan tendangan bycycle yang luar biasa tidak dapat dihalau Jan Oblak, dan meskipun bendera offside awalnya menggagalkan Chelsea, akhirnya gol itu disahkan setelah pemeriksaan VAR yang panjang.

Chelsea telah dilepaskan setelah kesalahan Edouard Mendy dalam dua menit pertama, dan tim Tuchel lolos tanpa cedera dari kesalahan lain ketika tendangan Thomas Lemar melebar.

Baca Juga :  Hexos Diduga Korsleting Listrik, Villa Elite di Balangan Habis Terbakar

Mason Mount telah menjadi pemain yang menonjol di bawah asuhan Tuchel dan pemain internasional Inggris itu membuat pembukaan pertama Chelsea semenit kemudian – Timo Werner gagal mengalihkan umpan silang sayap kanan ke gawang.

Mount seharusnya melakukan lebih baik dengan tendangan voli di menit ke-40, tapi Chelsea akan dihukum seandainya Luis Suarez berhasil menyambung dengan umpan tajam Angel Correa.

Joao Felix melakukan upaya akrobatik di atas mistar tak lama setelah jeda, tapi gagal, Giroud melakukan sentuhan akhir.

Mount memaksa tendangan liar dari Hermoso yang jatuh di atas bahu Giroud, tetapi pemain berusia 34 tahun itu menyesuaikan dirinya dengan brilian untuk menyongsongnya dan mengirimkan penyelesaian yang bagus ke sudut kiri.

Chelsea dibuat menunggu saat VAR memeriksa apakah itu Mount atau Hermoso yang telah melakukan kontak, dengan Hermoso akhirnya diputuskan sengaja memainkan bola, memastikan Giroud berada dalam posisi onside dan mampu mengamankan gol tandang yang vital.

Chelsea berusaha melewati babak 16 besar untuk pertama kalinya sejak musim 2013-14, ketika The Blues kalah dari Atletico di semifinal. Namun, mereka harus memainkan leg kedua tanpa Mount dan Jorginho, yang sejauh ini menjadi sosok penting di lini tengah Tuchel.

Baca Juga :  SMP se-Jembrana Ikuti Pembelajaran Outdoor di Mantu Cager

Meski demikian, Tuchel memiliki banyak pemain yang ia miliki, dan pertahanan Atletico yang biasanya ketat hanya menjaga satu clean sheet di semua kompetisi sejak pergantian tahun.

Giroud tampaknya menjadi lebih matang dalam bermain seiring bertambahnya usia. Berusia 34 tahun dan 146 hari, dia adalah pemain tertua yang mencetak gol di babak sistem gugur Liga Champions untuk Chelsea, dan yang tertua yang melakukannya untuk tim Inggris sejak Ryan Giggs (37) pada April 2011.

Mantan striker Arsenal itu kini telah mencetak enam gol Liga Champions musim ini, penampilan terbaiknya dalam satu musim kompetisi.

Tuchel tidak menahan diri dalam kritiknya terhadap Callum Hudson-Odoi setelah hasil imbang akhir pekan Liga Premier Chelsea dengan Southampton, menuntut lebih banyak upaya dari pemain muda itu, yang kemudian dibawa serta bermain tandang di St Mary’s.

Tiga hari kemudian, Hudson-Odoi menunjukkan penampilan yang solid dalam peran bek sayap yang baru ditemukannya. Dia mencoba melakukan dua tekel,  satu tembakan dan diakhiri dengan akurasi passing 85,4 persen sebelum digantikan oleh Reece James di akhir pertandingan.

Baca Juga :  Makin Ganas, Kawanan Lebah Dinding Ai Serbu Rumah Warga Basangalas

Fakta Utama Dalam Pertandingan Dini hari:

  • Tuchel menjadi manajer Chelsea ketiga yang memenangkan pertandingan Liga Champions pertamanya saat bertugas saat pertandingan berlangsung di babak sistem gugur setelah Roberto Di Matteo dan Guus Hiddink.
  • Atletico Madrid gagal mendaratkan satu tembakan tepat sasaran, pertama kali mereka gagal mencatatkan tembakan tepat sasaran dalam pertandingan Liga Champions sejak Maret 2019 melawan Juventus.
  • Chelsea telah mencatatkan tiga clean sheet berturut-turut melawan tim Spanyol di kompetisi Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.
  • Giroud telah mencetak enam gol Liga Champions musim ini, penampilan terbaiknya dalam satu musim kompetisi.
  • Mendy mencatatkan lebih banyak clean sheet dibanding kiper lain mana pun di Liga Champions musim ini (lima).

Apa berikutnya?

Dalam pertandingan besar Liga Premier, Chelsea akan menyambut tamunya Manchester United di Stamford Bridge pada hari Minggu. Sementara itu, Athletico menghadapi Villarreal di LaLiga.

sumber: livescore