Kamis, Oktober 29, 2020
Beranda Bali Bangli Awal Januari Hingga Agustus 2020, Sepuluh Warga Bangli Positif Rabies

Awal Januari Hingga Agustus 2020, Sepuluh Warga Bangli Positif Rabies

BANGLI, balipuspanews.com – Selain disibukan dengan penanganan pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Bangli juga memberikan perhatian kepada penanganan virus rabies yang sampai kini belum juga berakhir.

Kadis Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli, I Wayan Sarma, Selasa (25/8/2020) menyebutkan, sampai bulan Agustus 2020 ini, kasus positif rabies di Kabupaten Bangli berjumlah sepuluh kasus.

Dirinya mengatakan, sepuluh kasus tersebut, diantaranya berasal dari delapan desa yang ada di Kecamatan Kintamani, dan satu kasus lainnya berasal dari kelurahan Kawan.

Adapun rinciannya, Desa Kintamani 1 kasus, Desa Bantang 1 kasus, Desa Batur Tengah 1 kasus, Desa Selulung 1 Kasus, Desa Batur Selatan 1 kasus, Desa Songan B 2 kasus, Desa Abang Batu Dinding 1 kasus, Desa Batur Utara 1 kasus, dan dari Kelurahan Kawan 1 kasus.

“Sebagai tindak lanjut, di Desa yang bersangkutan telah dilakukan vaksinasi massal. Dan sejauh ini, untuk vaksinasi rabies kita utamakan di delapan desa dan satu kelurahan tersebut,” ujarnya.

Lanjut I Wayan Sarma, untuk di delapan desa dan satu kelurahan tersebut kita juga sudah memaksimalkan pencapaian vaksinasi rabies. Hal itu, kata Sarma, dikarenakan desa yang bersangkutan tergolong zona merah. Dan dimaksudkan untuk mengantisipasi penyebaran virus lebih jauh.

“Sedangkan untuk di desa-desa lainnya, kita sedang menyusun jadwal untuk melakukan vaksinasi lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadis PKP Bangli ini melaporkan, untuk persentase pencapaian vaksinasi rabies yang telah dilakukan sampai saat ini mencapai 20,23 persen dari total populasi anjing.

Sedangkan untuk tahun lalu, Sarma menyebutkan, total kasus positif rabies di Kabupaten Bangli berjumlah 31 kasus.

Apabila jadwal vaksinasi rabies dari Dinas PKP Bangli bisa cepat keluar dan segera melaksanakan vaksinasi ke lapangan, kemungkinan kasus rabies di Kabupaten Bangli akan mengalami grafik yang menurun dari tahun sebelumnya.

PENULIS : Komang Rizki

EDITOR : Oka Suryawan

- Advertisement -

Mobil Terguling di Renon, Tidak Ada Korban Jiwa

DENPASAR, balipuspanews.com-Mobil Honda HRV terguling di Jalan Cok Agung Tresna Renon, Denpasar, pada Senin (26/10/2020) sore. Meski demikian tidak ada korban jiwa dalam peristiwa...

Usut Praktik Jual Beli Senjata Ilegal ke Separatis Papua

JAKARTA, balipuspanews.com - Praktik jual beli senjata ilegal ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, yang melibatkan oknum anggota Brimob harus diselidiki secara tuntas...
Member of