Rabu, April 17, 2024
BerandaBangliAwali Tatanan Kebiasaan Baru, Toya Devasya Batur, Kintamani Dikunjungi Petinggi Bappenas

Awali Tatanan Kebiasaan Baru, Toya Devasya Batur, Kintamani Dikunjungi Petinggi Bappenas

BANGLI, balipuspanews.com- Buka diawal tatanan kebiasaan baru, obyek wisata alam Toya Devasya Batur, Kintamani, Bangli dikunjungi pejabat tinggi kementerian Bappenas, Selasa (4/8/2020).

Awalnya, menteri PPN/kepala Bappenas, Suharsa Monoarfa dijadwalkan hadir di obyek wisata yang terletak dipinggir Danau Batur itu. Namun, menteri asal PPP itu mendadak kembali ke Jakarta karena dipanggil presiden Joko Widodo.

Kedatangan pejabat eselon I dan II Bappenas disambut oleh General Manager Toya Devasya Dr. I Ketut Mardjana, Sekda Bangli IB Giri Putra dan sejumlah pejabat penting lainnya.

Sebelum tiba di Toya Devasya, rombongan meninjau desa Trunyan. Begitu tiba di Toya Devasya, para pejabat tinggi tersebut diajak keliling melihat dari dekat wisata air panas yang menjadi ikon pariwisata Bangli dan Bali itu.

Kepada rombongan pejabat Bappenas, GM Toya Devasya, I Ketut Mardjana menceritakan, areal Danau Batur dan sekitarnya adalah wilayah Bali Mula atau kawasan Bali pertama. Disebutkan, ada kerajaan Bali Mula yang bernama Kerajaan Dalem Balingkang dengan rajanya yang beristrikan orang Cina.

BACA :  Petugas Gabungan Dapati Penumpang Tak Beridentitas di Pelabuhan Celukan Bawang

Mardjana menyebutkan, ada akulturasi budaya yang luar biasa antara Bali dengan Cina yang menurun sampai sekarang. Mardjana menegaskan, dirinya sempat mengantar Konsulat Cina ke Balingkang.

“ Mereka sedikit mengeluh mengapa obyek yang begini bagus, kita pakai mobil kecil papasan saja susah. Dengan kehadiran bapak – bapak dari Bappenas yang punya duit ini, semoga bisa mengatasi hal ini. Sehingga generasi muda kami dimasa mendatang bisa menikmati perkembangan ekonomi dan sosial yang baik,” kata Mardjana.

Pria yang juga ketua PHRI Bangli ini menegaskan, banyak potensi yang bisa dikembangkan di Kintamani. Misalnya pertanian berbasis agro tourism. Selain itu, kata Mardjana, Kintamani memiliki banyak view yang berkelas dunia. Salah satunya jika naik ke Bukit Trunyan akan terlihat empat gunung diantaranya gunung Rianjani, Gunung Agung, Gunung Batur dan Gunung Abang.

PENULIS/EDITOR : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular