Jumat, Juni 14, 2024
BerandaBulelengAwasi Pemilu dan Pilkada, Panwaslu Kecamatan Diakui Punya Tugas Cukup Berat

Awasi Pemilu dan Pilkada, Panwaslu Kecamatan Diakui Punya Tugas Cukup Berat

BULELENG, balipuspanews.com – Mengingat tugas Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Buleleng selain untuk mengawasi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak, mereka juga akan mendapatkan tugas tambahan yakni mengawasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Buleleng di tahun yang sama.

Menindaklanjuti itu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Buleleng telah mengambil ancang-ancang agar Panwaslu yang lolos dalam seleksi benar-benar kompeten.

Untuk membuktikan kompetensi para calon Bawaslu melakukan tes wawancara terhadap 54 calon yang telah dinyatakan lolos pada tahap awal. Dari 54 calon Panwaslu tersebut dijadwalkan akan menjalani tes wawancara mulai Rabu (19/10/2022).

“Kita adakan tes wawancara ini selama dua hari mereka akan diwawancarai secara langsung dan nantinya 3 calon dengan nilai tertinggi dari masing-masing kecamatan akan dinyatakan lolos tes wawancara dan akan dilantik pada penghujung Oktober 2022,” jelas Ketua Bawaslu Buleleng Putu Sugi Ardana disela-sela tes wawancara calon Panwaslu bertempat di Universitas Panji Sakti Singaraja.

Dalam tes wawancara ini, calon Panwaslu akan benar-benar dipilih yang terbaik dan nilainya tertinggi, sebab nantinya Panwaslu tingkat kecamatan ke depannya memiliki tanggung jawab cukup berat dengan adanya beban mengawasi Pilkada.

BACA :  Cegah Perundungan, Bupati Gede Dana Sosialisasi ke Sekolah

“14 Februari 2024 itu Pemilu, 27 November 2024 itu adalah Pilkada, beban kerjanya cukup berat karena tahapan Pilkada itu sudah dimulai pada saat tahapan Pemilu berjalan, cukup berat dibandingkan Pemilu dan Pilkada sebelumnya,” jelas Sugi.

Disisi lain salah satu calon Panwaslu asal Banyuning, Bagus Setyo Rifandi mengaku mengikuti seleksi Panwaslu ini dikarenakan keinginannya untuk mewujudkan Pemilu yang nyaman bagi masyarakat. Hal itu rencananya akan dirinya wujudkan dengan memfasilitasi segala kebutuhan masyarakat agar bisa berpartisipasi dalam Pemilu 2024.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular