Badai Roslyn Datang Menghantam Meksiko dan Berpotensi Timbulnya Kerusakan Besar

Citra satelit ini menunjukkan Badai Roslyn mendekati pantai Pasifik Meksiko. AP
Citra satelit ini menunjukkan Badai Roslyn mendekati pantai Pasifik Meksiko. | via @AP

BERITA DUNIA, MEXICO – Badai Roslyn menghantam bentangan pantai Pasifik Meksiko yang jarang penduduknya antara resor Puerto Vallarta dan Mazatlan pada Minggu pagi dan dengan cepat bergerak ke pedalaman.

Pada Minggu pagi, Roslyn tetap menjadi badai besar dengan kecepatan angin 120 mph, turun hanya sedikit dari puncaknya 130 mph. Pusat Badai Nasional AS mengatakan Roslyn berada sekitar 55 mil (90 km) barat laut Tepic, ibu kota pedalaman negara bagian Nayarit.

Badai itu bergerak ke utara-timur laut dengan kecepatan 16 mil per jam (26 kph) dan diperkirakan akan kehilangan kekuatan saat bergerak lebih jauh ke pedalaman.

Meskipun tidak mengenai pukulan langsung, Roslyn membawa hujan lebat dan gelombang tinggi ke Puerto Vallarta, di mana gelombang laut menghantam kawasan pejalan kaki di tepi pantai.

Baca Juga :  Diduga Hina Presiden Jokowi di Medsos, Seorang Pria Gelandangan Dibekuk

Roslyn mendarat di negara bagian Nayarit , di daerah yang kira-kira sama di mana Badai Orlene mendarat pada 3 Oktober.

Badai itu mendarat di utara desa nelayan San Blas, sekitar 90 mil (150 kilometer) utara Puerto Vallarta .

Restoran-restoran tepi pantai di Puerto Vallarta tempat para turis makan siang tanpa peduli pada hari Sabtu, ditinggalkan pada hari Minggu, dan di beberapa tempat ombak telah menghanyutkan pagar dan struktur jerami kecil yang biasanya menghalangi pengunjung dari sinar matahari.

Kantor pertahanan sipil negara bagian Jalisco mengatakan pihak berwenang sedang berpatroli di daerah itu, tetapi belum melihat adanya kerusakan besar.

Komisi Air Nasional mengatakan hujan dari Roslyn dapat menyebabkan tanah longsor dan banjir dan pusat topan AS memperingatkan gelombang badai berbahaya di sepanjang pantai, serta hujan setinggi 4 hingga 6 inci (10 hingga 15 sentimeter).