Ketua TP PKK Badung Ny. Seniasih Giri Prasta menyerahkan bingkisan kepada murid-murid SD saat Kegiatan Gerakan Gemar Makan Ikan di Wantilan Puspem Badung, Jumat (23/8).
Ketua TP PKK Badung Ny. Seniasih Giri Prasta menyerahkan bingkisan kepada murid-murid SD saat Kegiatan Gerakan Gemar Makan Ikan di Wantilan Puspem Badung, Jumat (23/8).
sewa motor matic murah dibali

MANGPURA, balipuspanews.com – Tim Penggerak PKK Badung bekerjasama dengan Dinas Perikanan melaksanakan Kegiatan Gerakan Gemar Makan Ikan bagi masyarakat, yang dipusatkan di Wantilan Puspem Badung, Jumat (23/8).

Kegiatan ini dibuka Ketua TP PKK Badung Ny. Seniasih Giri Prasta serta diikuti murid-murid dari SD 3 Sempidi. Kecamatan Mengwi.

Sekretaris Dinas Perikanan I Wayan Sujana menjelaskan, Pemkab. Badung menggalakkan gerakan gemar makan ikan, karena Manfaat ikan sangat penting untuk kesehatan dan kecerdasan otak. Kegiatan peningkatan konsumsi ikan tujuanya untuk membangun kesadaran masyarakat untuk memperhatikan gizi. Mengingat didalam ikan terdapat kandungan omega-3 yang sangat berguna meningkatkan kecerdasan otak terutama pada masa pertumbuhan.

Dikatakan, sampai saat ini tingkat konsumsi ikan di Badung tahun 2018 baru mencapai 33,61 kg/kapita/tahun. Tingkat konsumsi ikan ini lebih rendah dibandingkan tingkat konsumsi ikan nasional sebesar 54,9 kg/kapita/tahun. Sementara tahun 2018 produksi ikan baik budidaya maupun penangkapan sebesar 8.763,4 ton, sehingga kedepan diharapkan tingkat konsumsi ikan semakin meningkat melalui program-program pemerintah yang telah dilaksanakan seperti pemberian bibit ikan, pengadaan sarana dan prasarana bagi kelompok nelayan serta pembudidaya agar hasil produksi ikan juga meningkat.

Kegiatan dengan tema “Melalui gerakan gemar makan ikan akan mempersiapkan generasi penerus bangsa yang sehat, kuat dan cerdas” ini bertujuan meningkatkan animo masyarakat terhadap ikan, mengembangkan promosi produk perikanan dan meningkatkan peran aktif stakeholder perikanan untuk mewujudkan peningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat badung.

Ketua Tim Penggerak PKK Badung Ny. Seniasih Giri Prasta mengatakan, gerakan makan ini merupakan program pemerintah yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan kecerdasan dan derajat kesehatan masyarakat. Mengingat manfaat makan ikan sangat baik bagi kesehatan tubuh. Seniasih Giri Prasta mengajak seluruh masyarakat badung mulai dari anak-anak hingga dewasa membiasakan makan ikan, sumber makan ikan sangat mudah di dapat dan harganya terjangkau.

“Khusus kepada anak-anak SD saya anjurkan agar lebih banyak makan ikan agar kalian menjadi semakin pintar, kuat dan sehat sehingga dapat berprestasi dalam mengejar pendidikan, ” ajak Seniasih.

Turut hadir Wakil Ketua II Nyonya Rasniathi Adi Arnawa, Ketua Gatriwara Nyonya Ayu Parwata, Ketua DWP Badung Nyonya Nesya Yoga Segara.

(cita/bpn/tim)