Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Wayan Wijana saat melakukan pemantauan pelaksanaan vaksinasi rabies di Kelurahan Jimbaran dan Benoa Kecamatan Kuta Selatan, Selasa (30/6/2020)
Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Wayan Wijana saat melakukan pemantauan pelaksanaan vaksinasi rabies di Kelurahan Jimbaran dan Benoa Kecamatan Kuta Selatan, Selasa (30/6/2020)

BADUNG, balipuspanews.com – Guna mencegah berjangkitnya dan menyebarnya kembali penyakit rabies, Pemkab Badung melalui Dinas Pertanian dan Pangan melakukan vaksinasi rabies secara massal kali ini sasarannya difokuskan di wilayah Kecamatan Kuta Selatan karena tahun 2020 ini masih terdapat kasus gigitan positif di wilayah ini sehingga perlu segera ditangani secara serius dan sesuai data tahun 2019, di wilayah Kuta Selatan terdapat sekitar 15 ribu Hewan Penular Rabies (HPR).

Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Wayan Wijana usai melakukan pemantauan pelaksanaan vaksinasi rabies di Kelurahan Jimbaran dan Benoa Kecamatan Kuta Selatan, Selasa (30/6/2020) mengatakan bahwa meskipun saat ini masih suasana pandemi Covid-19, pihaknya tetap menerjunkan Tim yang terdiri dari dokter hewan untuk melakukan vaksinasi rabies secara gratis kepada masyarakat.

Hanya saja untuk keselamatan anggota Tim dan masyarakat, pihaknya meminta kepada warga untuk membawa binatang peliharaannya ke Balai Banjar sesuai jadwal yang telah ditentukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Biasanya kita jemput bola kerumah warga, tapi kali ini karena wabah Covid-19, kami himbau warga datang ke Balai Banjar,” katanya.

Mantan Camat Kuta Selatan ini juga menghimbau kepada warga agar menjaga dan merawat binatang peliharaannya dalam kandang atau pekarangan masing-masing agar tidak mengganggu warga lainnya dan menghindari kontak dengan anjing liar yang berpotensi menyebarkan rabies.

Mengingat Kuta Selatan adalah destinasi wisata internasional sehingga kejadian kecil bisa merusak citra pariwisata Bali.

Berdasarkan hasil pemantauan di Banjar Angga Swara Kelurahan Jimbaran, warga banjar dan penghuni berbagai komplek perumahan sangat antusias menyambut kedatangan tim, mereka membawa anjing dan kucing kesayangannya dan diatur oleh petugas secara bergiliran untuk menghindari kerumunan serta diwajibkan memakai masker dan cuci tangan sebelum masuk tempat vaksinasi. (*)

Penulis : Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami

Editor : Putu Artayasa

Facebook Comments