Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung menyiapkan aplikasi Perpustakaan Digital
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung menyiapkan aplikasi Perpustakaan Digital "iBadung" pada laptop siswa, Kamis (22/8) di Gedung Perpustakaan Sastra Mangutama, Puspem Badung.
sewa motor matic murah dibali

MANGUPURA, balipuspanews.com – Menindaklanjuti hasil rapat tanggal 19 Agustus 2019, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung menanamkan aplikasi Perpustakaan Digital “iBadung” pada laptop siswa, Kamis (22/8) di Gedung Perpustakaan Sastra Mangutama, Puspem Badung. Kegiatan tersebut dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat IB. Yoga Segara serta Kepala Sekolah SD se-Kecamatan Mengwi.

Kadis Kearsiapan dan Perpustakaan Badung Ni Wayan Kristiani menyampaikan, apresiasi atas respon para kepala sekolah se-Kecamatan Mengwi untuk melanjutkan program Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Badung yaitu memasukan Perpustakaan Digital ibadung ke dalam laptop siswa kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar. Dikatakan bahwa aplikasi ibadung telah dilaunching mulai September tahun 2018. Dalam perpustakaan digital tersebut terdapat 726 judul buku, dengan 2.177 eksemplar/copy yang bisa para siswa pinjam melalui hp.

“Terobosan ini kita dilakukan guna memudahkan masyarakat maupun para siswa mengetahui perpustakaan atau membaca buku melalui hp. Buku-buku ini juga akan dimasukan ke laptop anak- anak sekolah supaya bisa membacanya melalui laptop,” ungkapnya. Upaya ini juga untuk mengajak kepala sekolah mengetahui bahwa badung mempunyai perpustakaan yang bagus dengan isi buku yang banyak hampir 41 ribu lebih koleksi buku. “Kedepan kami harapkan para siswa dapat memanfaatkan perpustakaan kabupaten badung ibadung sekaligus menjadi anggota dan meminjam buku secara gratis selama 3 hari,” harap Kristiani.

Asisten IB. Yoga Segara sangat mengapresiasi program unggulan untuk Badung, karena belum semua Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia memiliki program seperti ini termasuk pemberian laptop kepada siswa Kelas 5 dan 6 SD. Penambahan dan penanaman program perpustakaan digital ibadung ke laptop siswa, akan dialakukan secara bertahap.

“Untuk jangka pendek dilakukan secara bertahap untuk 10 sekolah per Kecamatan, mengacu kesiapan sekolah untuk memasukan program ibadung kedalam laptop siswa. Untuk tahap pertama dari bulan Agustus hingga September tahun 2019,” jelasnya.

(cita/bpn/tim)