Bagi Lepasan Penjara, Bupati Suwirta Rancang Balai Latihan Kerja
Pisah Sambut Karutan Klungkung
KLUNGKUNG, balipuspanews.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta akan merancang balai latihan kerja bagi warga yang sudah lepas dari penjara.

Hal ini disampaikan ketika dirinya bersama Wabup Made Kasta menghadiri acara serah terima jabatan dan pisah sambut Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas II B Klungkung, di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Senin (13/1). Kepala rutan baru, I Made Supartana, A.Md.I.P., SH., M. H. yang sebelumnya bertugas di Bangkalan Madura, menggantikan Renharet Ginting A.Md.I.P., SH., M.H. yang menjabat sejak tahun 2017 untuk selanjutnya berpindah ke Rutan Kelas I Jakarta Pusat.

Bupati Suwirta dalam kesempatannya mengucapkan terima kasih kepada Renharet Ginting A.Md.I.P., SH., M.H. atas kerjasama yang telah terjalin selama ini serta mengucapkan selamat atas promosi jabatan ditempat baru.

Pihaknya juga mengapresiasi atas upaya yang sudah dilakukan Renharet Ginting yang mampu memberdayakan warga binaan. Seperti memberikan pelatihan kerja dan bermusik . sedangkan kepada Kepala rutan baru, I Made Supartana.

Bupati Suwirta mempersilahkan untuk berkoordinasi lebih lanjut, kerjasama yang sudah baik supaya bisa lanjutkan.
Lebih lanjut Bupati Suwirta menjelaskan, pihaknya sedang merancang balai latihan kerja bagi warga binaan. Warga binaan yang sudah selesai menjalani hukuman akan disiapkan tempat bekerja sehingga tidak kembali ke melakukan tindak kriminal.

Dengan demikian maka uang daerah yang sudah dikeluarkan untuk melatih kerja warga binaan ini tidak sia sia.

“ Saya sedang merancang sebuah program dimana warga binaan supaya bisa langsung bekerja begitu selesai menjalani hukuman. Warga yang sudah mengikuti pelatihan kerja dilapas akan terus kita kawal sehingga warga binaan ini benar benar menjadi berguna dimasyarakat, jangan terus menerus menjadi objek pelatihan.” ujar Bupati Suwirta.

Sementara itu Renharet Ginting dalam kesempatannya menyampaikan terima kasih kepada Pemda Klungkung atas atensi selama ini serta kerja sama yang sudah terjalin sangat baik. Dirinya mengaku selama di Klungkung mendapatkan pengalaman luar biasa, dimana bisa merasakan upacara odalan bersama.

Selain itu masyarakat Klungkung juga damai serta KLungkung memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Dirinya juga mengapresiasi seluruh stake holder dan aparat yang selama ini telahmenjalin komunikasi dengan baik serta tidak ada sekat dan tidak ada ego sektoral.

Sedangkan Karutan yang baru, I Made Supartana, A.Md.I.P., SH., M.H. memohon dukungan serta petunjuk semua pihak dalam memimpin rutan Klungkung, demi kemajuan Rutan Klungkung dan semua warga binaanya.

Kepala rutan kelahiran Abian Semal, Badung ini mengaku akan bertugas dengan sebaik baiknya dan melanjutkan apa yang sudah berjalan dengan baik selama ini. (Roni/BPN/tim)