Bagi Warga yang Telat Bayar Pajak Kendaraan, Siap – Siap Kedatangan Petugas Samsat

UPT Samsat Karangasem akan datangi langsung ke rumah penunggak pajak kendaraan bermotor atau mobil

Karangasem, balipuspanews.com – Tidak ada alasan lagi untuk telat bayar pajak kendaraan di Kabupaten Karangasem, terlebih setelah pada awal September ini diluncurkannya program dor to dor ke rumah rumah warga yang nuggak bayar pajak kendaraan.

Program ini adalah salah satu dari tiga trobosan Dinas Pendapatan Provinsi Bali melalui UPT Samsat Kabupaten Karangasem. Program dor to dor ini dilakukan langsung oleh pegawai pajak atau samsat yang bersinergi dengan sejumlah Kepala Desa dan Kepala Wilayah di Kabupaten Karangasem.

Untuk data bagi warga yang belum bayar pajak atau daftar ulang kendaraan, data datanya akan di cetak perdusun. Setelah itu dikomunikasikan dengan Kepala Desa agar Kepala Wilayah tempat warga bersangkutan dibertahu warganya akan ada kegiatan dor to dor ke rumah.

Menurut Kepala UPT Samsat Karangasem, I Ketut Yasa Suarsana beberapa waktu lalu, saat ini di Kabupaten Karangasem ada sekitar 4000 unit kendaraan yang belum melakukan daftar ulang atau samsat.

” Dari 4000 kendaraan ini sebagian besar adalah sepeda motor,” ujarnya.

Diakui Suarsana, pihak pajak memang sengaja berkordinasi dengan pihak Kadua agar mempermudah untuk mengakses alamat yang bersangkutan, disamping memberikan shock terapi agar kedepan lebih rajin membayar pajak. Hanya saja meski ada program dor to dorkmendatangi rumah yang nunggak pajak namun yang bersangkutan tetap harus datang ke kantor pelayanan samsat untuk proses transaksinya.

Dari pengakuan beberapa penunggak pajak, nenurut Suarsana, menunggak pajak bukan karena tidak mau membayar melainkan banyak karena faktor kesibukan dan lupa lihat tanggal berlaku STNK ada juga yang ke daraannya dibawa ke denpasar sehingga tidak sadar sudah lewat masa pembayaran. ( igs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here