Senin, Februari 26, 2024
BerandaGianyarBahas Agrowisata, Kementerian Ketanagakerjaan Gelar Rembug Lokal

Bahas Agrowisata, Kementerian Ketanagakerjaan Gelar Rembug Lokal

GIANYAR, balipuspanews.com – Dalam penguatan kerjasama dan sinergitas pelaksanaan kegiatan Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan dari pusat hingga ke tingkat paling bawah yakni desa di Kabupaten Gianyar, Kementerian Ketenagakerjaan bersama stakeholder terkait baik pemerintah daerah maupun swasta melaksanakan Rembug Lokal Kawasan Agrowisata Gianyar di Rumah Luwih Beach Resort, Kamis (8/6/2023).

Acara dibuka secara resmi Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan RI, Titik Masudah. Rembug Lokal Kawasan Agrowisata Gianyar dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 8 dan 9 Juni, serta menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya.

Dalam sambutannya, Titik Masudah mengatakan Gianyar sebagai salah satu kabupaten yang mendapatkan kawasan perluasan kesempatan kerja yang memiliki rangking diatas rata-rata berdasarkan penilaian Tim Ahli Institut Pertanian Bogor. Hal tersebut tidak lepas dari peran dan support dari Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar.

“Bukan hanya merangkak tetapi sudah bisa lari bapak dan ibu, luar biasa. Dari beberapa program yang kita berikan pada tahun 2022, alhamdulilah sudah menampakkan hasil dan mampu bersaing,” kata Titik Masudah.

BACA :  Keuntungan Membaca Web Novel di Zaman Digital

Lebih lanjut, pemerintah sendiri telah melakukan berbagai upaya untuk menjawab tantangan terkait ketenagakerjaan di Indonesia, salah satunya telah menetapkan Kawasan Agrowisata Kabupaten Gianyar sebagai lokasi perluasan kesempatan kerja sejak tahun 2021,

mengingat Gianyar merupakan salah satu kawasan wisata super prioritas dalam mendukung akselerasi pembangunan yang berkelanjutan sesuai dengan 9 lompatan Kementerian Ketenagakerjaan serta  merupakan komitmen dalam meningkatkan ekonomi dan sosial serta memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menciptakan ekosistem ketenagakerjaan dari hulu hingga hilir melalui penyedia program pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan,” papar Titik Masudah.

Hal yang baik ini tidak bisa diraih tanpa dukungan dari pemerintah daerah, masyarakat, asosiasi pengusaha, pelaku usaha dan seluruh pemangku kepentingan yang ada di sekitar daerah agrowisata Kabupaten Gianyar.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Pasek Lanang Sadia yang mewakili Bupati Gianyar mengucapkan selamat datang dan sangat berterimakasih kepada Kementerian Ketenagakerjaan karena telah membantu dan mendukung Pemkab Gianyar melalui Program Pemberdayaan Masyarakat melalui kegiatan TKM, padat karya infrastruktur, pelatihan – pelatihan kerja, serta kegiatan Perluasan Kerja Berbasis Kawasan, yang tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat Gianyar.

BACA :  Kapolres Klungkung Pimpin Pengawalan Logistik Pemilu 2024 dari Nusa Penida ke Klungkung Daratan

“Terimakasih juga saya sampaikan karena selama ini Kementerian Ketenagakerjaan RI sudah banyak membantu dan mendukung Pemerintah Kabupaten Gianyar,” kata Pasek Lanang Sadia.

Lebih lanjut, program kegiatan Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan, sejalan dengan Visi Pemerintah Kabupaten Gianyar dan langkah-langkah strategis, transformatif, dan inovatif untuk menghadapi masalah dan tantangan pembangunan ketenagakerjaan melalui 9 lompatan Besar Kementerian Ketenagakerjaan.

“Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Dinas Tenaga Kerja terus memperkuat peran Pejabat Fungsional dan Balai Latihan Kerja (BLK) dalam menyukseskan 9 Lompatan Besar Kementerian Ketenagakerjaan tersebut,” lanjutnya.

Kabupaten Gianyar sendiri merupakan kabupaten satu-satunya di Bali yang menerima Program Kegiatan Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI, serta sudah dirasakan oleh kelompok – kelompok TKM kawasan dari empat desa yaitu, Desa Sidan, Desa Lebih, Desa Bakbakan dan Desa Tampaksiring.

Penulis : Kadek Adnyana
Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular