Selasa, Juli 23, 2024
BerandaBadungBahas Restorasi Ekologi Hutan, Kuliah Tamu Hadirkan Pembicara Internasional

Bahas Restorasi Ekologi Hutan, Kuliah Tamu Hadirkan Pembicara Internasional

BADUNG, balipuspanews.com
Kepedulian keberlangsungan hutan untuk generasi yang akan datang menjadi atensi kalangan intelektual dalam hal ini perguruan tinggi. Seperti yang dilakukan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Prodi Biologi menggelar kuliah tamu dengan mengundang pembicara internasional di Lantai 3 Gedung Perpustakaan.

Kuliah tamu ini mengangkat tema “Sustainability in The Digital Age and Future Earth”, Jumat (26/5/2023).

Kuliah tamu ini berfokus pada cara merestorasi ekologi hutan serta kelanjutan pertanian modern yang tidak merusak ekosistem, dan nantinya akan diakhiri dengan penanaman mangrove di keesokan harinya.

Adapun pembicara yang diundang adalah Dr. Eliane Ubalijoro yang merupakan CEO dari CIFOR-ICRAF dan Director of ICRAF dan Himlal Barat, Ph.D. yang merupakan Senior Scientist dari CIFOR-ICRAF. Bersama Eliane dan Himlal hadir pula Dra. Ni Luh Watiniasih,M.Sc., Ph.D. sebagai pembicara yang dimoderatori oleh Ibu Fainmarinat S.Inabuy.

Dekan FMIPA, Ni Luh Watiniasih, Ph.D berharap melalui kegiatan kuliah tamu yang mengundang tamu internasional ini dapat membuat pendengar serta mahasiswa bergerak sedikit saja, dimana akan sangat berarti bagi future generations.

BACA :  Beri Kesempatan Unjuk Kreativitas, COMETS FS Unwar Gelar English Contest

“Kami berharap kepada mahasiswa serta generasi muda kedepannya menjadi penggerak ekonomi, lingkungan, serta penyelamatan lingkungan yang akan menggantikan generasi-generasi sebelumnya,” pungkas Watiniasih.

Senada dengan Dekan, Ketua Unit Kerjasama FMIPA Unud Dra. Luh Putu Eswaryanti Kusuma Yuni, MSc., PhD FMIPA juga menyampaikan, kuliah tamu ini merupakan implementasi perjanjian kerja sama antara FMIPA Unud dan CIFOR.

Pembicara tamu merupakan CEO dari NGO internasional yang bergerak terutamanya dalam bidang restorasi lansekap/ekosistem.

“Melalui kuliah tamu yang bertemakan Sustainability in The Digital Age & Future Earth, mahasiswa diharapkan memahami pendekatan, strategi dan aktivitas yang digunakan dalam konservasi ekosistem yang berkelanjutan,” tandas Eswaryanti yang juga sebagai Dosen MK Ekologi di Prodi Biologi.

Salah satu peserta Kuliah Tamu, I Putu Gede Cakra Suwabawa mengaku sangat bermanfaat. Mengikuti Kuliah Tamu ini sangat merasa luar biasa, karena pemateri yang hadir merupakan pemateri yang expert di bidangnya, dan mengharapkan kegiatan serupa digelar, yang nantinya akan membuka wawasan-wawasan baru yang belum tentu didapatkan di mata kuliah pada umumnya.

BACA :  Terseret Arus Saat Berenang, Pengunjung Pantai Tewas

Sumber: www.unud.ac.id
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular