Bakar Sampah Tanpa Pengawasan, Puluhan Are Lahan di Dekat Kantor Camat Kubu Terbakar

Petugas pemadam sedang memadamkan api di lahan dekat Kantor Camat Kubu, Karangasem
Petugas pemadam sedang memadamkan api di lahan dekat Kantor Camat Kubu, Karangasem

KARANGASEM, balipuspanews.com – Puluhan Are lahan didekat Kantor Camat Kubu, Karangasem dilahap si jago merah, pada Jumat (1/7/2022) siang.

Percikan api penyebab kebakaran lahan itu diduga berasal dari api pembakaran sampah di lokasi pembuangan sampah yang ada disekitar lokasi kejadian.

Api diduga dengan cepat menyebar karena di lokasi banyak terdapat semak-semak kering, sehingga total ada sekitar 40 Are lahan disekitar Kantor Camat Kubu yang terbakar.

Kadis Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah dikonfirmasi mengatakan, kejadian serupa juga sempat terjadi ditempat yang sama sekitar setahun yang lalu.

Saat itu, api juga diduga berasal dari pembakaran sampah ditempat pembuangan sampah. Karena kondisi musim kemarau membuat api dengan cepat membesar hingga nyaris menjangkau halaman Kantor Camat.

Baca Juga :  Presiden Ingatkan Potensi Ancaman Resesi Global

Namun saat ini, api dengan cepat berhasil dipadamkan, sebelum menyebabkan kebakaran lahan lebih meluas dan membahayakan penduduk yang tinggal dilahan dekat lokasi kejadian.

“Ini kan sudah menjadi kejadian yang berulang, sekitar setahun yang lalu juga terjadi kebakaran lahan di lokasi tersebut karena pembakaran sampah, harusnya dicarikan solusi yang permanen di era baru ini, terlebih saat ini ada aturan tentang mengolah sampah dari sumbernya, apalagi membakar sampah kan tidak diperbolehkan,” ujar Siki Ngurah.

Disisi lain, untuk mencegah kebakaran lahan yang selama ini sering terjadi di wilayah Kubu, pihaknya mengaku sudah melakukan sosialisasi bersama beberapa Kepala Desa memberikan pemahaman untuk menghilangkan budaya membakar lahan.

Baca Juga :  Ratusan Atlet dari 14 Provinsi di Indonesia Ramaikan Kejuaraan Fin Swimming Antar Pelajar Klungkung Bali Open 2022

“Sekarang mudah-mudahan Karangasem era baru ini tidak ada lagi yang sengaja membakar lahan,” tandas Siki Ngurah.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan