Rabu, Oktober 21, 2020
Beranda Nasional Jawa Barat Bali Mini Ada di Kota Bekasi

Bali Mini Ada di Kota Bekasi

BEKASI, balipuspanews.com- Bekasi punya destinasi wisata baru. Destinasi wisatanya dirancang dengan mengusung konsep perkampungan Bali. Semua yang ada di area wisata itu identik dengan adat istiadat, budaya, dan segala macam yang berkaitan dengan keseharian seperti masyarakat di Pulau Bali.

“Hari ini saya mencoba mengembangkan destinasi kota Bekasi. Meng-upgrade apa
yang ada di kota bekasi,” ucap Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono
saat meresmikan Perkampungan Bali yang berlokasi di Kelurahan Harapan Jaya, Kota
Bekasi, Jawa Barat, Minggu (6/9/2020).

Destinasi Kampung Bali Kota Bekasi terletak di Jalan Merpati RT 11 RW 09 Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara.

Wakil Walikota Bekasi mengatakan perkampungan Bekasi merupakan salah satu destinasi yang dikembangkan pemerintahan yang dipimpinnya bersama Walikota Bekasi Rahmat Effendi.

Dia menjelaskan, strategi pengembangan wisata di daerahnya berorientasi pada pengembangan lingkungan. Untuk destinasi wisata Kampung Bali, pengembangan lingkungan yang dilakukan poada aspek seni dan budaya.

“Nantinya juga ada pengembangan pada apsek melestarikan kebersihan lingkungan seperti Hutan Bambu yang masuk zona dua untuk pengembangan. Lalu kami akan up grade lagi Curug Parigi. Ini kami upayakan supaya berbasis lingkungan,” ujarnya.

Bagi Tri, semua hal yang berbau Bali sarat dengan nilai-nilai yang tinggi terutama kesenian, adat istiadat dan budayanya yang sudah kesohor di mancanegara.

“Saya berharap masyarakat berada di garda terdepan. Keragaman budaya, keragaman berbangsa dan bernegara,” ucap Tri Adhianto Tjahyono yang bulan lalu dinobatkan sebagai Ketua Dewan Penasihat Prajaniti Kota Bekasi.

Sementara itu, Lurah Harapan Jaya, Deddy Suparjan mengaku bersyukur dan berterima kasih dengan keberadaan komunitas orang Bali yang ada di RT 11 RW 09.

“Saya bersyukur karena karena di kelurahan Harapan Jaya ada ikon Bali. Dikunjungi Pak Wakil Walikota dan masuk dalam IG nya Kota Bekasi,” ucap Deddy.

Sebutan Kampung Bali memang cukuo familiar bukan hanya warga Bekasi tetapi juga warga Ibukota. Beberapa titik di Ibukota, warga setempat mengenal Kamoung Bali karena memang di wilayah tersebut banyak warga Bali yang sudah menetap dan berbaur dengan warga setempat.

Hanya bedanya, Kampung Bali di Harapan Jaya ini, semua yang ada dalam kampung tersebut benar-benar mengadopsi keseharian masyarakat yang ada di Pulau Bali. Ia berharap Kampung Bali bukan hanya ada di Kota Bekasi tapi juga di seluruh Indoneisa.

“Saya berharap bahwa ikon Bali di kelurahan Harapan Jaya bisa meningkat pariwisata Bali. Jadi kalau mau wisata ke Bali, tidak harus ke Bali tapi cukup di Kampung Bali. Ada Kampung Bali untuk berwisata,” kata Deddy.

Ketut Budiasa mewakili masyarakat di Kampung Bali Bekasi menjelaskan awalnya di Kampung Bali hanya didiami tiga keluarga dari Bali. Lalu lama kelamaan berkembang hingga kini mencapai 15 KK.

“Di sini kerukunan umat beragama terjaga baik. saling menghargai. Warganya bermacam-macam profesi. Ada yang tentara, yang plaing 4 pilar, ada PNS, ada juga pekerja seni,” kata Budiasa yang keseharian berkerja di Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama.

Pada tahun ini, warga Kampung Bali juga diikutsertakan pemerintahan kota Bekasi dalam lomba ketahanan pangan nasional. Selain dikenal sebagai tempat wisata, warga Kamoung Bali juga dikenal sebagai pembudidaya ikan air tawar, terutama ikan lele.

“Jadi kalau mau pakai tenaga di sini, silakan. Semua asli dari Bali cuma memang berdomosilinya di sini,” ucap Budiasa.

Penulis/Editor: Hardianto

- Advertisement -

Kakek Gantung Diri di Gubuk Ditemukan Oleh Cucunya

ABIANSEMAL, balipuspanews.com -Seorang cucu, Putu Darmiati, 23, tidak menyangka menemukan kakeknya, Ketut Sumerta, 65, tewas gantung diri di gubuk sawah di Pondok Subak Munduk...

Kasus Dugaan Pemerkosaan Pelajar, Diduga Terjadi di Lima Tempat Berbeda Oleh 10 Pelaku

BULELENG, balipuspanews.com - Penyelidikan terhadap kasus dugaan pemerkosaan terhadap anak dibawah umur terus berlanjut. Kasus yang korbannya dibawah umur ini dari hasil penyelidikan sementara...
Member of