Kamis, April 18, 2024
BerandaBulelengBali Segera Miliki Badan Pelatihan Kerja Bertaraf Internasional

Bali Segera Miliki Badan Pelatihan Kerja Bertaraf Internasional

SINGARAJA, balipuspanews.com – Provinsi Bali tidak lama lagi akan memiliki Badan Pelatihan Kerja Bertaraf Internasional. Kabar baik tersebut tidak lepas dari perjuangan maksimal anggota komisi IX DPR RI I Ketut Kariyasa Adnyana yang terus melakukan lobi di pusat agar Bali mendapatkan “jatah” sebagai tempat pembangunan Badan Pelatihan Kerja Bertaraf Internasional.

Hal tersebut terungkap saat politikus PDIP ini menggelar talkshow Sosialisasi Pendataan Keluarga Dan Kelompok Sasaran Bangga Kencana bersama BKKBN di Desa Penuktukan, Tejakula, Buleleng, Rabu (5/5/2021).

Menariknya, dari tiga Balai Pelatihan Kerja Bertarap Intenasional yang rencananya dibangun pusat, dua akan dibangun di Bali. Dua lokasi pembangunan di Bali akan terletak di Kabupaten Buleleng dan Badung.

Untuk lahan, Pemprov Bali siap menghibahkan 17,5 hektar lahan untuk pembangunan di Desa Apatas, Gerogak, Buleleng dan 5 hektar di Badung.

Untuk mendapatkan hibah lahan Provinsi itu, Kariyasa Adnyana menyebut tidak lepas dari apresiasi Gubernur Bali I Wayan Koster yang merespon cepat jatah yang didapatkan Bali.

Politisi gaek asal Busungbiu yang duduk lima kali di legislatif ini menyebut, kondisi demografi di Indonesia sesungguhnya saat ini berdampak positif atau menguntungkan dibandingkan dengan negara-negara lain.

BACA :  Peringati May Day, Pemkot Denpasar Bersama Serikat Pekerja Akan Gelar Pentas Budaya

Dari demografi tersebut pihaknya melihat kesempatan besar di luar, namun hanya terkendala sumber daya manusia yang harus perlu ditingkatkan agar dapat mengambil peluang-peluang yang ada. Untuk itu, perlu dibangun balai-balai yang diakui.

“Ini yang perlu di dorong, kami mendorong badan kementerian agar dibangun balai edukasi-edukasi atau pelatihan untuk mengisi kuota yang ada tersebut,” ujarnya.

Mewujudkan peluang tersebut, pihaknya (pemerintah) akan membangun tiga balai pelatihan kerja bertaraf internasional untuk mewadahi den memberi peluang bagi generasi muda yang ingin menjadi pekerja migran.

“Saya sangat bersyukur sekali, setelah sempat berkomunikasi dengan Dirjen, dari tiga kuota pembangunan, dua berhasil dibawa ke Bali, dengan anggaran sekitar ratusan milliar dengan syarat harus didukung adanya lahan,” bebernya.

Pihaknya berharap semoga pembangunan balai pelatihan sesuai rencana, karena merupakan hal penting yang menyangkut hajat hidup orang banyak untuk meningkatkan SDM dan membuka lapangan pekerjaan.

“Generasi muda kita tinggi minatnya sebagai pekerja migran, sedangkan lapangan pekerjaan di Bali sangat susah. Tentu mereka perlu dilatih, untuk itu mari kita dukung apa yang menjadi program Pemerintah, Gubernur semoga berjalan sesuai rencana,” pungkasnya mengakhiri.

BACA :  Tampil Lepas, Gong Kebyar Dewasa Dan Remaja Serangkaian HUT Kota Gianyar Ke-253 Pukau Ribuan Penonton

Penulis : Budiarta

Editor : Oka

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular