Pembukaan PorsenI Batuan
sewa motor matic murah dibali

Gianyar, balipuspanews. com – Sebanyak 17 burung merpati dilepaskan sebagai tanda dibukanya Pekan Olahraga dan Seni Desa Batuan ke 17 tahun 2018.

Pembukaan ini secara resmi dibuka oleh Bupati Gianyar I Made Mahayastra, Jumat (19/10) sore di Lapangan Yudhistira, Batuan. Porseni dengan tema Seraya Kanti Nyujur Batuan Jagadhita ini berlangsung hingga 28 Oktober 2018 mendatang. Ada9 cabang olahraga yang dipertandingkan dan 14 lomba seni. Diantaranya, futsal, voli, bulutangkis, tenis meja, lari, catur, tarik tambang, senam, jalan santai, lomba Gebogan, penjor, jegeg bagus batuan, melukis, karaoke pop Bali anak-anak, lomba tari margapati, cerdas cermat, dharmagita, kebersihan antar banjar, dan lomba lagu dan yel-yel anak desa, serta lomba membuat lawar tingkat STT.

Tidak saja perlombaan, selama Porseni juga dibuka pasar rakyat dan arena bermain untuk anak-anak.

Menariknya, para peserta pasar rakyat ini seluruhnya merupakan warga dari 17 banjar dinas se Desa Batuan. Dengan keterlibatan masyarakat setempat, diharapkan potensi-potensi olahraga, seni dan ekonomi kreatif  lokal bisa dikenal lebih luas.

Perbekel Desa Batuan I Nyoman Netra dalam sambutannya mengungkapkan Porseni Desa ini menelan anggaran sekitar Rp 450 juta.

“Namun jika dilihat dari antusias dan partisipasi masyarakat, nilai tersebut masih tegrolong kecil,” ujarnya.

Untuk memeriahkan pembukaan Porseni, seniman di Desa Batuan mempersembahkan garapan fragmen tari berjudul Prabhu Amukti Kertaning Jagat yang melibatkan sekitar 200 penari.

“Dalam Porseni ini memang dilibatkan seluruh komponen, mulai dari anak-anak, remaja dan dewasa. Sebagai upaya pengembangan aktifitas olahraga dan seni di masyarakat. Juga sebagai perekat rasa persatuan dan kesatuan,” jelasnya didampingi ketua panitia, I Komang Susana. Bupati Gianyar, Agus Mahayastra mengapresiasi Desa Batuan yang konsisten melaksanakan Porseni.

0Dikatakan, beberapa desa di Kecamatan Sukawati memang selalu menjadi percontohan bagi desa-desa lain terkait keaktifan dalam berkegiatan dan pemberdayaan masyarakatnya. Turut hadir saat pembukaan, anggota DPRD Provinsi Bali Nyoman Parta, anggota DPRD Kabupaten Gianyar dapil Sukawati dan pejabat terkait. (rls/bpn/tim)

 

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here