Pelatihan tata kelola destinasi pariwisata
Pelatihan tata kelola destinasi pariwisata
sewa motor matic murah dibali

KARANGASEM, balipuspanews. com – Tak pernah menyerah pasca erupsi Gunung Agung, beragam strategi yang dikakukan oleh Pemerintah Kabupaten Karangasem untuk membangkitkan pariwisata di Kabupaten ujung pulau Bali, salah satu pelatihan tata kelola destinasi pariwisata Kabupaten Karangasem tanggal 3 sampai 6 Juli 2019 di Hotel Taman Surgawi, Taman Ujung, Tumbu, Karangasem, seperti apa sasarannya?

“Karangasem the spirit of Bali” adalah branding kabupaten diujung timur pulau Bali menggema dalam pelatihan didapatkan dari pelatihan guna melecut pariwisata berbasis masyarakat.

Butuh waktu memang untuk mengimplementasikan branding dari pemerintahan Bupati IGA, Sumatri dan Wabup Artha Dipa  ditengah ancaman erupsi Gunung Agung.

Sebagai langkah awal yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem untuk membuka pintu membangkitkan pariwisata melakukan pelatihan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS ) se  Kabupaten Karangasem.

“Pengelolaan atau tata kelola mengandung pengertian governance yaitu mengelola, mengatur dan menata, oleh karena itu tata kelola destinasi sebagai destination governance mengandung pengertian sebagai rangkaian proses kebiasaan, kebijakan, aturan dan institusi yang mempengaruhi pengarahan, pengelolaan serta pengontrolan suatu destinasi, ” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem, Drs Astika dalam pembukaan pelatihan pelatihan tata kelola destinasi pariwisata Kabupaten Karangasem tanggal 3 sampai 6 Juli 2019 di Hotel Taman Surgawi, Taman Ujung, Tumbu, Karangasem.

Jadi menurut Astika, pelatihan ini sangat penting untuk menyamakan persepsi soal tata kelola antara pihak berkepentingan dengan pemangku kepentingan lainnya yakni pemerintah daerah, dunia usaha, pemasok, pelanggan, bank, kreditor lain, regulator, lingkungan serta masyarakat luas.

Dengan adanya penyamaan persepsi dan pelatihan ini diharapkan mampu merangsang dalam  pembangunan desa wisata berbasis masyarakat.

Dilain sisi, Kepala Dinas Provinsi Bali, I Ketut Ngurah Trisni Sakawati menegaskan kegiatan pelatihan ini juga sebagai bagian dari Nangun Sat Kerthi Loka Bali sebagai salah satu Visi Gubernur I Wayan Koster dan Wagub Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati dengan empat tujuan meningkatkan kualitas dan kuantitas destinasi pariwisata serta keragaman daya tarik pariwisata berdasarkan potensi lokal.

Selanjutnya mewujudkan industri pariwisata yang mampu menggerakkan eknomi daerah serta mengembangkan lembaga kepariwisataan dan tata kelola pariwisata. (art/bpn/tim)