Penyerahan laporan hasil pemerikasaan atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2018
Penyerahan laporan hasil pemerikasaan atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2018
sewa motor matic murah dibali

BANGLI, balipuspanews.com – Keberhasilan Kabupaten Bangli dalam laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun anggaran 2018 kembali menorehkan prestasi membanggakan.

Penyerahan laporan hasil pemerikasaan atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2018 untuk pemerintah Kabupaten Bangli diterima Bupati Bangli I Made Gianyar dan Ketua DPRD Kab. Bangli Ngakan Kutha Parwata yang diserahkan langsung Kepala Perwakilan BPK Prov. Bali Sri Haryoso Suliyanto ,jumat (24/5) di aula Kantor BPK Perwakilan Prov. Bali yang dihadiri Bupati/Walikota , Ketua / Wakil Ketua DPRD Kabupaten/kota dan jajaran pemerintah Kabupaten/kota se- Bali.

Kepala Perwakilan BPK Prov. Bali dalam sambutannya menyampaikan , sesuai visi dan misinya, BPK senantiasa untuk turut serta dalam peningkatan tata kelola keuangan yang baik melalui pemeriksaan keuangan , Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pemeriksaan keuangan merupakan harapan dan prestasi yang harus dicapai setiap kabupaten/kota, akan tetapi peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat haruslah diutamakan.

Haryoso menjelaskan , salah satu pemeriksaan yang dilakukan BPK adalah pemeriksaan atas laporan keuangan yang dibuat oleh pemerintah daerah. dan laporan ini menghasilkan opini atas laporan keuangan serta rekomendasi terkait pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang undangan. Serta pertimbangan dalam pemberian opini adalah kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual , kecukupan pengungkapan , kepatuhan terhadap peraturan perundang undangan serta efektivitas system pengendalian intern.

Ditambahkan, meskipun berhasil meraih opini WTP, BPK masih menemukan adanya kelemahan sistem pengendalian intern dalam penyusunan laporan keuangan dan ketidak patuhan terhadap peraturan perundang undangan yang berlaku seperti penatausahaan aset yang belum memadai , pengelolaan pendapatan pajak belum optimal, penganggaran belanja pegawai , belanja barang dan jasa, belanja modal belum sesuai ketentuan, dan pengelolaan belanja hibah kurang memadai .

Untuk itu, BPK memberikan rekomendasi untuk ditindak lanjuti oleh pemerintah kabupaten/kota ,selambat lambatnya 60 hari setelah laporan hasil pemeriksaan (LHP) diterima .

“Selamat atas prestasi yang dicapai pemerintah kabupaten/kota yang sudah menerima opini WTP. Kami minta pemerintah kabupaten/kota bisa terus meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah” tutupnya.

Usai penerimaan laporan hasil BPK, Bupati Made Gianyar mengatakan “atas prestasi yang kita raih hari ini , ini merupakan kerja keras kita bersama dan keberhasilan kita bersama . keberhasilan Kabupaten Bangli meraih opini WTP ke 3 kalinya berturut turut , tentu menjadi bukti nyata dari usaha dan kerja keras seluruh pegawai dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli yang telah melakukan terus perbaikan perbaikan terhadap kelemahan kelemahan yang ada dan terjadi dalam pengelolaan keuangan daerah selama ini’ katanya.

Ia berharap meskipun 3 kali berturut turut meraih WTP , ia minta pegawai di lingkungan Pemkab. Bangli tidak cepat berpuas diri, namun capaian ini harus dijadikan motivasi untuk terus maju dan meningkatkan kualitas pengengelolaan keuangan di kabupaten Bangli.

“ mewakili Pemerintah Kabupaten Bangli , saya ucapkan selamat dan terimakasih saya sampaikan, kepada seluruh pegawai yang penuh semangat dan sudah bekerja keras, tanpa semangat dan kerja keras pegawai , tentu WTP tidak akan bisa kita raih. Dan mudah mudahan ditahun berikutnya WTP tetap bisa kita pertahankan”pungkasnya. (rls/bpn/tim)

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here