Ketua Satgas Penanggulangan Copid 19 Bangli IB Giri Putra
Ketua Satgas Penanggulangan Copid 19 Bangli IB Giri Putra

BANGLI, balipuspanews.com – Banyaknya warga Bangli yang bekerja di luar negeri terus diatensi oleh Tim Satgas Penanggulangan Copid-19.

Ketua Satgas Penanggulangan Copid – 19 Bangli, IB Gde Giri Putra menyebutkan, sampai saat ini belum ditemukan adanya tanda-tanda pasien positif terjangkit virus corona di Bangli.

Pun demikian, kata Gus Giri yang juga Sekda Bangli itu, ada 191 orang warga Bangli yang masuk katagori orang dalam pengawasan (OPD).

“ Orang – orang tersebut merupakan migran yang memiliki riwayat bekerja di luar negeri,” kata Gus Giri.

Adik mantan bupati Bangli IB Ladip itu menegaskan, dari jumlah tersebut, migran itu tersebar di empat kecamatan yang ada di Bangli.

“ Mereka merupakan pekerja yang bekerja di luar negeri seperti kapal pesiar,” sebut Gus Giri.

Pria asal Griya Bukit Bangli itu menambahkan, orang yang masuk dalam pengawasan (ODP) ini, ada yang telah dikarantina oleh maskapai tempatnya bekerja. Selain itu juga ada yang dikarantina di Denpasar dan Batam. Ada juga diawasi ketat dirumahnya masing-masing.

“ Terkait orang-orang yang sudah pulang dan termasuk ODP, kita sudah lakukan pemantauan dan telah melakukan karantina mandiri di rumahnya masing-masing, dan kita juga telah melakukan koordinasi dengan Babinkab, Babinsa, serta Perangkat Desa Adat untuk melakukan pemantauan bersama,”
tegas Gus Giri.

Selain melakukan karantina untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, mantan kepala Bapeda dan Sekwan Bangli itu mengatakan, pihaknya telah melakukan langkah antisipasi dini dengan cara melakukan penyemprotan disinfektan yang dilakukan secara bertahap oleh Pemerintah Daerah dan Kecamatan.

“ Sedangkan untuk di desa-desa, langsung dilakukan penyemprotan disinfektan oleh pihak desa sendiri. Karena Bapak Bupati telah membuat instruksi berdasarkan Inpres No. 4 Tahun 2020 tentang Refocussing anggaran untuk penanganan covid-19,” urainya.

Dengan antisipasi tersebut, pihaknya berharap Kabupaten Bangli ini terhindar dari virus covid-19. (riz/bas)