25.4 C
Denpasar
03/10/2022, 6:48 AM
NewsEkonomiBangun Negeri dengan Transparan, Ukur.com Menjadi Jawaban

Bangun Negeri dengan Transparan, Ukur.com Menjadi Jawaban

balipuspanews google news
- Advertisement -

balipuspanews.com– Peluang bisnis dapat kita jumpai dimana saja, namun pada saat ini peluang bisnus dengan membuka toko bangunan adalah pilihan menguntungkan. Mengapa demikian? Pembangunan saat ini tengah gencar-gencarnya dilakukan, hal ini terjadi karena sebelumnya pertumbuhan pembagunan sempat terhenti diakibatkan pandemi Covid-19.

Setelah pandemi mereda, pembagunan yang tertunda sebelumnya kembali dilakukan. Selain menguntungkan, membangun sebuah bisnis juga membutuhkan strategi tersendiri, agar usaha yang sedang berjalan dapat berkembang juga memberikan timbal balik yang sepadan.

Utamanya jika Anda akan membuka toko kebutuhan bangunan – yang pada awalnya menelan dana tidak sedikit, diperlukan cara khusus dalam menjalankan bisnis ini agar lebih menguntungkan.

Tips Bisnis Toko Bangunan Anda Berhasil

Banyaknya orang yang memiliki usaha toko bangunan membuat kita harus memutar otak jika ingin membuat model bisnis yang sama. Tidak usah khawatir, berikut merupakan tips agar toko material yang Anda miliki dikunjungi oleh banyak orang.

1.     Tempat Strategis

Lokasi yang strategis untuk toko bangunan ini adalah lokasi-lokasi yang sering dikunjungi oleh masyarakat, misalnya lokasi yang berada di dekat terminal, pasar, hingga dekat dengan daerah kompleks perumahan. Pemilihan lokasi sendiri merupakan satu faktor yang sangat penting untuk kesuksesan jalannya sebuah usaha.

Oleh karena itu, banyak orang-orang rela mengeluarkan dana besar untuk mendapatkan lokasi strategis. Hal ini dikarenakan memiliki toko bangunan di pada tempat-tempat tersebut membuat masyarakat jauh lebih mudah menemukan toko Anda, serta membuka berpeluang mendapatkan pengunjung yang lebih banyak.

  1. Kelengkapan Stok Toko Bangunan

Bagi pelaku usaha baru, menyusun daftar barang yang akan dijual pada toko Anda merupakan prosedur yang susah-susah gampang. Jika tidak dilakukan dengan benar, bisa saja perputaran modal yang dikeluarkan menjadi terkendala.

Baca Juga :  Dukung Pembangunan Pemerintah, Ketua BKOW Dorong Sinergitas Organisasi Wanita

Oleh sebab itu, pada awalnya cobalah untuk memaksimalkan modal pada barang-barang yang memiliki perputan relatif cepat, seperti halnya pasir, bata, semen, besi, dan cat tembok, serta lain sebagainya. Hal ini supaya modal tersebut bisa lebih cepat menghasilkan dan juga perputaran bisnis Anda berjalan dengan lancar.

3.     Media Promosi

Apapun jenis usaha yang Anda tekuni, melakukan promosi ketika bisnis tersebut baru saja dimulai adalah sebuah keharusan. Karena tidak ada gunanya Anda membangun sebuah bisnis jika tidak dikenal oleh orang lain. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan promosi pada bisnis yang Anda jalankan.

Pertama-tama mulailah dari orang-orang terdekat Anda, seperti saudara, teman, dan orang-orang terdekat anda yang lain. Selain itu, bukalah jejaring lebih luas lagi seperti halnya berkumpul dengan pengusaha toko bangunan lainnya. Sebarkanlah informasi terkait toko Anda di sosial media dan minta teman-teman Anda untuk membagikannya.

4.     Perhatikan Harga Produk

Bisnis memang memiliki tujuan untuk mencari laba, namun menetapkan laba yang terlampau tinggi di atas harga pasaran juga berpotensi dapat merusak bisnis Anda tersebut. Apalagi berbicara tentang toko bangunan, orang-orang yang membeli bahan untuk bangunan tentu lebih tertarik berbelanja kebutuhan bangunan pada toko material yang termurah.

Oleh karena itu, tentukan harga secara wajar dan juga bersaing, hal ini dilakukan agar calon-calon pembeli berminat berbelanja di toko milik anda, dan Anda juga masih bisa mendapatkan laba atas usaha yang sedang dijalankan.

5.     Utamakan Kejujuran Pada Pembeli

Jujur merupakan kunci menjaga pelanggan agar tetap loyal terhadap toko milik Anda. Ketika seseorang merasa dibohongi, maka kepercayaan orang tersebut akan luntur dan tidak percaya lagi dengan toko tersebut. Selain alasan tersebut, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan membuat mereka sebagai pembeli ia merasa dihargai dan diakomodir segala kebutuhannya.

Baca Juga :  Presiden Berduka atas Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Minta Liga 1 Dihentikan Sementara

Percaya atau tidak percaya, penjual toko bangunan yang komunikatif dan juga kooperatif jauh lebih disenangi oleh pelanggan. Karena, para pembeli cenderung banyak bertanya ketika dia membeli kebutuhan bangunan.

Keuntungan Memiliki Toko Bangunan

Sebelumnya telah kita bahas, bahwa membuka usaha toko bangunan atau material memiliki kelebihannya sendiri jika dibandingkan dengan usaha lainnya. Tetapi, apa saja kelebihan tersebut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjabaran di bawah ini.

1.     Sebuah Kebutuhan

Usaha toko bangunan memang tidak akan habis masanya. Seperti yang telah disebutkan, selama manusia masih membutuhkan tempat tinggal ataupun bangunan untuk kepentingan lain, selama itu pula toko material akan terus ada. Apalagi sekarang ini, banyak sekali gedung dan bangunan lain yang terus dibangun.

Agar dapat membangun bangunan-bangunan itu tentu kita membutuhkan bahan bangunan dari toko material. Sehingga tidak perlu memikirkan tentang pangsa pasar, sebab kebutuhan bahan bangunan sangat tinggi dan permintaan akan selalu ada.

2.     Barang Tidak Memiliki Masa Kadaluarsa

Berbeda dengan halnya makanan, mayoritas barang yang dijual pada toko bangunan tidak memiliki masa kadaluarsa ataupun jangka waktu yang singkat. Jika barang-barang tersebut tidak terjual hari ini, maka masih bisa untuk diperjual belikan kembali keesokan harinya, sampai akhirnya barang barang tersebut habis terjual.

Oleh karena itu, salah satu keunggulan membuka usaha toko material atau toko bahna bangunan adalah Anda tidak perlu khawatir dengan adanya penyusutan nilai produk usaha.

Baca Juga :  Presiden FIFA: Stadion Indonesia Sebuah "Tragedi Melampaui Pemahaman"

3.     Potensi Laba Tinggi

Semua pebisnis pasti memiliki orientasi pada keuntungan. Berdasar pada alasan tersebut, membuka usaha toko bangunan merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan laba yang terhitung cukup besar. Hal ini disebabkan, harga jual produk bahan bangunan mempunyai margin yang sangat tinggi dibandingkan dengan modalnya.

Dengan selisih margin yang cukup tinggi, tentu membuat keuntungan menjadi jauh lebih besar. Jangan khawatir jika barang yang dijual tidak berputar secara cepat. Sebagai bahan yang termasuk bahan ekslusif, material bangunan memang memiliki perputaran yang terhitung lambat, namun menawarkan keuntungan yang besar.

4.     Menjalin Kerja Sama

Inilah alasan dibalik betapa pentingnya membangun sebuah toko bangunan dengan reputasi baik, terutama bagi Anda yang tidak mempunyai modal terlalu besar untuk membangun sebuah usaha.

Hal ini disebabkan, biasanya supplier bahan bangunan memberikan pinjaman barang sebagai modal pada toko material yang dikenal memiliki reputasi baik. Mengingat kembali sulitnya menjual barang-barang eksklusif, mendapatkan barang baru tanpa perlu menambah beban modal usaha ialah sebuah keuntungan tersendiri.

Meratanya distribusi material ke seluruh negeri sudah seharusnya terjadi pada saat ini, hal ini dimaksudkan agar terjadi percepatan pembangunan di Indonesia. Menjawab persoalan ini, ukur.com hadir sebagai matketplace konstruksi dengan memberikan inovasi jual dan beli pada bahan material.

Ukur.com memberikan fasilitas guna pemerataan pembagunan di Indonesia dengan transparan. Hal ini tentu saja dapat menguntungkan kedua belah pihak. Seperti yang telah dijelaskan diatas pada bagian kiat-kiat untuk toko bahan bagunan. Ayo gunakan ukur.com sebagai marketplace konstruksi untuk menjual ataupun membeli bahan bangunan anda dari seluruh pelosok negeri.

 

Penulis: Gde Candra

Editor: Oka Suryawan

- Advertisement -
- Advertisment -

Terpopuler

Balipuspanews TV
Video thumbnail
Bupati dan Jajaran Pemkab Buleleng Mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI
01:18
Video thumbnail
Sekda beserta Jajaran Pemkab Buleleng Mengucapkan Selamat Hari Ulang tahun ke-77 Republik Indonesia
01:24
Video thumbnail
DPRD Buleleng Beserta Jajaran Mengucapkan Selamat Menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan
01:14
Video thumbnail
Sambutan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, S T Tentang Hari Raya Galungan dan Kuningan
00:53
Video thumbnail
Jajaran Pemerintah Kabupaten Buleleng Mengucapkan Selamat Hari Suci Idul Fitri 1443 Hijriah
01:09
Video thumbnail
Jelang Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok di Karangasem Masih Stabil
01:11
Video thumbnail
Pelaku Illegal Logging Ditangkap Petugas TNBB
01:29
Video thumbnail
Memasuki Bulan Ramadhan, Kunjungan Wisatawan ke Desa Penglipuran Menurun
01:23
Video thumbnail
Tahap Perbaikan, Pelabuhan Padangbai Hanya Operasikan Satu Dermaga
01:27
Video thumbnail
Wujudkan Keselamatan Mudik Lebaran, Dishub Denpasar Cek Kondisi Angkutan
02:26
Video thumbnail
Nikahi Wanita Pujaan, Tersangka Narkoba Dikawal Ketat Polisi
03:03
Video thumbnail
Panen Raya, Karangasem Semakin Menggeliat Jadi Sentra Kapas
03:58
Video thumbnail
Jelang Arus Mudik, Sejumlah SPBU di Jembrana Diperiksa
02:41
Video thumbnail
Denpasar Akan Jadi Pilot Project Transisi Energi Bersih
02:29
Video thumbnail
Diserbu Pembeli, Agen Migor Curah di Pasar Negara Kehabisan Stok
01:42
Video thumbnail
Stok Solar untuk Nelayan Mulai Aman
02:17
Video thumbnail
Megangsingan Diinstruksikan Jadi Agenda Rutin Kepariwisataan
03:19
Video thumbnail
Kasus Gigitan Anjing Rabies Terus Bertambah, Vaksinasi Digencarkan di Zona Merah
01:47
Video thumbnail
Desa Adat Gerokgak Segera Buat Upacara Pasca Sejumlah Makam Dirusak Misterius
02:47
Video thumbnail
Kue “Hati” yang Dibagikan kepada Siswa SMP di Gianyar Negatif Narkoba
03:14
Video thumbnail
Orang Tak Dikenal Bagikan Kue ke Anak Sekolah Viral di Medsos, Polisi Lakukan Pengecekan
02:09
Video thumbnail
Percetakan Terbakar, Api Hanguskan Ribuan Naskah Ujian SD dan SMP se Kabupaten Buleleng
03:27
Video thumbnail
Pertamina Buka Suara Terkait Pasokan Pertalite dan Solar
03:07
Video thumbnail
Covid 19 Melandai, Kasus DBD Melonjak di Karangasem
01:34
Video thumbnail
449 Ribu Lebih Unit Motor di Bali Nunggak Pajak
03:32
Video thumbnail
PTM di Buleleng Dimulai Lagi, Sejumlah Sekolah Masih Terapkan PTM Terbatas
02:09
Video thumbnail
BBM Naik, Pertalite Mulai Langka di Gianyar
01:34
Video thumbnail
April 2022, Sebagian Besar Wilayah Karangasem Diperkirakan Memasuki Awal Musim Kemarau
02:04
Video thumbnail
Harga Minyak Curah di Karangasem Merangkak Naik
01:13
Video thumbnail
Selama Tiga Bulan, Kasus Gigitan Anjing Rabies di Jembrana Tertinggi di Bali
01:24
Video thumbnail
Erick Thohir Minta Fasilitas UMKM Lokal Diperluas di Pelabuhan Sanur
02:13
Video thumbnail
Sembahyang ke Pura Besakih Kena Retribusi, Ini Penjelasan Pengelola
02:30
Video thumbnail
Harga Lebih Murah, Warga Rela Antre Beli Migor Curah
01:09
Video thumbnail
Hujan Deras di Desa Mayong, Jalan Utama Sebagian Ambles Tergerus Longsor
01:49
Video thumbnail
Warga Korban Banjir di Desa Pengambengan Mulai Mengeluh Gatal gatal
02:07
Video thumbnail
Masyarakat yang Ikut Vaksinasi dan Bawa Sampah Plastik, Dapat Sembako
02:54
Video thumbnail
Bangkitkan Heritage City Tour, Sejumlah Dokar Gratis Disediakan di Denpasar
02:06
Video thumbnail
Vaksinasi Booster Masih Rendah, Buleleng Terus Kejar Target
02:31
Video thumbnail
BOR di Rumah Sakit Kabupaten Buleleng 1,72 persen
01:52
Video thumbnail
Presiden Jokowi Terima Pebalap MotoGP di Istana Merdeka
02:28
Video thumbnail
Desa Beraban dan Dauh Peken, Tabanan Ditetapkan Sebagai Desa Ramah Perempuan & Peduli Anak Bersinar
03:49
Video thumbnail
Tanah dan Air Suci dari Pura Pusering Jagat untuk IKN Nusantara Disaksikan Jokowi
03:57
Video thumbnail
Denpasar Targetkan Cakupan Vaksinasi Booster Capai 50 Persen di April 2022
02:33
Video thumbnail
Seluruh RTH Dibuka, Masyarakat Diimbau Jangan Lengah Prokes
01:32
Video thumbnail
Bookingan Kamar Hotel Penonton Moto GP Mandalika di Karangasem Terancam Batal
01:32
Video thumbnail
PTM di Buleleng Masih Dibatasi 50 Persen
01:45
Video thumbnail
Ribuan Lebih Produk Bernilai Puluhan Juta Hasil Penindakan Loka Pom Dimusnahkan
02:37
Video thumbnail
Pendakian Lewat Jalur Pura Pasar Agung Dilarang Jelang Piodalan Purnama Kedasa
01:29
Video thumbnail
Isoter Asrama Undiksha Ditutup
01:52
Video thumbnail
Kasus Terus Melandai, Vaksinasi Booster di Buleleng Terus Digencarkan
01:49
Member of