Minggu, Juli 21, 2024
BerandaNewsBanjar Adat Sanggulan Diresmikan Sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas

Banjar Adat Sanggulan Diresmikan Sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas

TABANAN, balipuspanews.com – Banjar Adat Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kediri, diresmikan sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas. Peresmian langsung oleh Kapolres Tabanan tersebut berlangsung pada Senin (22/03/2021) di Balai Banjar Sanggulan.

Peresmian banjar yang seluruh warganya ini pantang makan sayur timbul (buah sejenis nangka) dimaksudkan untuk memberikan contoh dan untuk pembelajaran budaya tertib lalu lintas guna terciptanya Kamseltibcar lantas di wilayah Kabupaten Tabanan.

Selain dihadiri Kapolres Tabanan AKBP. Mariochristy P.S., Siregar, SIK., MH., acara peresmian ini juga dihadiri Bupati Tabanan yang diwakili oleh Kadishub Tabanan, Dandim 1619 Tabanan diwakili oleh Danramil 1619 Tabanan, Kepala Dinas DKLH Tabanan, Camat Kediri, Kapolsek Kediri dan Kasat Lantas Polres Tabanan. Hadir pula Ketua BPD Desa Banyar Anyar, Bendesa Adat Sanggulan, perwakilan tokoh adat, agama dan Ketua Karang Taruna Banjar Adat Sanggulan.

Dalam sambutannya Kapolres Tabanan mengatakan, pembentukan kampung tertib lalu lintas ini dimaksud untuk memberikan contoh dan pembelajaran kepada masyarakat Tabanan tentang budaya tertib lalu lintas demi terciptanya Kamseltibcar lantas di wilayah Kabupaten Tabanan.

BACA :  Coklit Pilkada 2024 di Karangasem, Ribuan Data Pemilih Tidak Memenuhi Syarat

“Kita ketahui bersama laka lantas menjadi penyumbang angka kematian nomor 3 di Indonesia, yang menjadi korban diantaranya adalah usia produktif. Sehingga pendidikan dan pembelajanan budaya tertib berlalulintas dipandang perlu diberikan sedini mungkin, salah satunya dikemas dalam bentuk Kampung tertib berlalulintas,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, kampung tertib lalu lintas merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Polres Tabanan melalui Sat Lantas Polres Tabanan sebagai pengemban fungsi lalu lintas di Kabupaten Tabanan.

Tujuannya, untuk memberikan edukasi sejak dini mungkin terkait budaya tertib lalu lintas dan menetapkan lingkungan yang tertib mulai dari tingkat banjar untuk dapat diterapkan dalam pola hidup tertib berlalulintas.

“Kami sangat berharap kepada masyarakat Desa Adat Sanggulan dengan terbentuknya kampung tertib lalu lintas, dapat menjadi roll model untuk seluruh masyarakat di Kabupaten Tabanan dalam membudayan tertib berlalu lintas dijalan raya,” harapnya.

Ia juga meminta warga Sanggulan bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan mengutamakan keselamatan sebagai kebutuhan.

“Tidak bosan kami ingatkan kepada warga disini, bila mengendarai kendaraan bermotor dijalan raya tetap berhati-hati, agar tidak menjadi korban laka lantas. Selalu cek kendaraan sebelum digunakan serta lengkapi diri dengan kelengkapan keselamatan berkendara termasuk didalamnya administrasi kendaraan,” ingatnya.

BACA :  Pemberitahuan Rencana Pengadaan Tanah Untuk GOR Dan Sarana Penunjang Di Desa Babakan Gianyar

Kapolres juga meminta kepada semua pihak agar menjadikan kampung tertib lalu lintas ini sebagai bahan pembelajaran bersama untuk menciptakan Kamseltibcar Lantas dari lingkungan terkecil dalam masyarakat untuk dapat mewujudkan Kabupaten Tabanan yang Zero Accident di masa Pandemi covid-19. Selain juga tentunya seluruh masyarakat Tabanan untuk selalu disiplin protokol kesehatan.

Hal senada terungkap dari sambutan Bupati Tabanan yang diwakili oleh Kadishub Tabanan. Menurutnya, upaya ini merupakan investasi jangka panjang untuk menyiapkan masyarakat yang memiliki kesadaran sendiri dalam menciptakan keamanan terutama berlalulintas.

Ia juga memandang sangat penting adanya kolaborasi dengan stakeholder terkait. Mengingat pembangunan masa kini tidak akan berhasil jika hanya dilakukan oleh aparat atau birokrasi saja. Dalam membangun, pemerintah harus bersinergi dengan masyarakat, dengan komunitas akademis, pengusaha dan media.

“Saya titip keberadaan kampung tertib lalu lintas ini kepada awak media, mohon sebarkan, sampaikan kabar baik ini kepada masyarakat luas, sehingga pesan-pesan yang baik dari kampung tertib lalu lintas ini dapat tersebar ke desa-desa lain. Semoga kedepan akan bermunculan kampung tertib lalu lintas lain yang inisiatifnya muncul dari masyarakat sendiri,” ucapnya.

BACA :  Diduga Terlilit Tali Layangan, Helikopter Jatuh di Desa Pecatu

Selanjutnya Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy P.S., Siregar, SIK., MH., melakukan penandatanganan prasasti disaksikan pejabat yang hadir menandai telah diresmikannnya Banjar Adat Sanggulan sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas. Acara ini ditutup dengan semua pejabat yang hadir dan para undangan meninjau taman lalu lintas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Penulis : Ngurah Arthadana 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular