Selasa, Februari 27, 2024
BerandaJembranaBanjir, Sumur Warga Tercemar

Banjir, Sumur Warga Tercemar

NEGARA, balipiuspanews.com – Banjir yang terjadi di Banjar Melaya Tengah Kaja, Kecamatan Melaya mengakibatkan warga kesulitan air bersih. Itu terjadi karena sumur yang menjadi sumber air warga tercemar lumpur.

Menurut Ketut Lastrawan,52, yang rumahnya kebanjiran, wilayah permukiman ini memang menjadi langganan banjir. Setiap musim hujan air dari pangkung meluap dan karena lokasi pemukiman rendah air masuk ke pekarangan rumah.

Luapan air setinggi lutut orang dewasa pada Jumat malam merendam rumah milik tujuh KK. Air mulai naik sekitar pukul 20.00 WITA mulai meluap, ada beberapa rumah yang pondasinya pendek kemasukan air. Beruntung air cepat surut sehingga rumah warga tidak banyak yang terendam.

“Tetapi sumur kami tercemar lumpur. Kami kesulitan air bersih. Air sumur kami keruh dan tercemar air kotor dan lumpur. Untuk mandi saja gak bisa,” jelasnya.

Ada dua sumur yang dimanfaatkan tujuh KK tercemar. Sementara warga lainnya mencari air bersih setiap harinya di Banjar Sumbersari.

“Warga jarang yang berlangganan PDAM,” ungkapnya.

BACA :  Pemkab Jembrana Mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan 2024

Kesulitan warga korban banjir itu langsung direspon Polres Jembrana dengan menyalurkan air bersih menggunakan mobil water canon.

Kabag Ops Polres Jembrana, Kompol I Wayan Sinaryasa menyampaikan bantuan air bersih ini diberikan agar warga yang sumurnya tercemar bisa mendapat pasokan air bersih guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kami akan suplai air bersih sampai air sumur mereka bisa digunakan. Katanya akan dikasi kaporit untuk menghilangkan bau,” ujarnya.

Penulis : Anom Suardana

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular