Bantah Ada Percaloan SIM di Satlantas Polresta Denpasar, AKP Adi : Saya Akan Tangkap

Kasat Lantas Polresta Denpasar AKP Adi Sulistyo Utomo
Kasat Lantas Polresta Denpasar AKP Adi Sulistyo Utomo

DENPASAR, balipuspanews.com – Tudingan miring adanya percaloan di kantor Surat Izin Mengemudi (SIM) Satlantas Polresta Denpasar ternyata tidak benar. Selama ini jajaran Satlantas Polresta Denpasar telah siagakan anggota Provost untuk mengawasi dan memberantas para calo.

“Tidak ada calo, siapa bilang ? Itu tidak benar. Saya akan sikat kalau ada calo disini (Satlantas Polresta, red). Saya akan tangkap langsung,” tegas Kasat Lantas Polresta Denpasar AKP Adi Sulistyo Utomo, pada Jumat (7/8/2020).

Soal adanya pemberitaan di media massa adanya calo di Polresta, AKP Adi menegaskan akan menyelidikinya. Namun dia memastikan tidak ada lagi bentuk percaloan SIM di Satlantas Polresta Denpasar.

“Soal pemberitaan itu kami akan selidiki tuntas. Kalau ada orang dalam jadi calo akan kami periksa,” ujarnya lagi.

Selama ini kata AKP Adi, pihaknya sudah melakukan pengawasan terpadu terhadap bentuk percaloan di Satlantas Polresta Denpasar. Terlebih, pihaknya juga sudah menempatkan anggota Provost berjaga-jaga di dalam maupun diluar.

“Penempatan anggota Provost ini kami lakukan untuk mengawasi sekaligus memberantas calo agar jangan coba coba bermain di SIM,” ungkapnya.

Selain itu, AKP Adi mengimbau kepada masyarakat pencari SIM agar jangan menggunakan jasa calo. Karena dipastikan akan menyulitkan para pencari SIM.

Lagipula, sistem yang yang telah diterapkan sekarang ini tidak memungkinkan para calo bisa bergerak bebas mencari keuntungan pribadi.

“Jadi, kami imbau kepada masyarakat pencari SIM jangan percaya dengan calo. Percuma saja pakai calo, sistem sekarang sudah menggunakan teknologi,” tuturnya.

Sebaiknya, kata AKP Adi, para pemohon SIM berhadapan langsung dengan petugas Satpas. Petugas Satpas ini nantinya yang akan membantu proses pembuatan SIM hingga selesai.

“Jangan percaya dengan calo. Kami berharap kepada masyarakat jika ingin mengurus SIM, silahkan langsung bertanya dengan petugas. Bukan calo yang berhadapan dengan petugas,” tandas perwira dengan balok tiga di pundak ini.

Sementara itu, agar tidak menimbulkan preseden buruk di masyarakat, pada Jumat (7/8/2020) pagi, Kasatlantas Polresta Denpasar AKP Adi didampingi Kasubnit Regident AKP Bhayangkara menyempatkan diri mengajak awak media melihat-lihat langsung proses pembuatan SIM dari awal hingga akhir.

Dari pengamatan terlihat juga para pengunjung atau pemohon SIM dengan tertib mengikuti proses pembuatan SIM, dari mulai antre hingga namanya dipanggil petugas. Bahkan penerapan protokol kesehatan covid-19 sudah dilaksanakan dengan baik. Disini ditemukan fakta bahwa memang benar tidak ada calo di Kantor SIM Satlantas Polresta Denpasar.

Penulis : Kontributor Denpasar

Editor : Oka Suryawan