Kamis, Mei 23, 2024
BerandaKlungkungBantah Galang Dukungan, Ini Jawaban Camat dan Perbekel Klungkung Datangi Bupati Giri...

Bantah Galang Dukungan, Ini Jawaban Camat dan Perbekel Klungkung Datangi Bupati Giri Prasta

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Kedatangan camat dan perbekel se-kabupaten Klungkung ke rumah bupati Badung Nyoman Giri Prasta, Selasa (16/4/2024) memunculkan banyak opini. Ada yang menyebut kedatangan mereka bentuk dukungan kepada bupati yang dikenal bares itu untuk maju sebagai gubernur Bali dalam Pilgub November 2024.

Lantas apa tujuan camat dan perbekel di Bumi Serombotan mendatangi Giri Prasta?

Kehadiran tokoh desa tersebut tindak lanjut atas sejumlah bantuan yang telah diberikan oleh Pemkab Badung sekaligus untuk menjemput anggaran Rp 1 miliar per desa yang dijanjikan akan dicairkan pada anggaran perubahan 2024.

Tampak rombongan dari Klungkung ini diterima langsung Bupati Giri Prasta. Tidak ada pimpinan OPD Klungkung yang nampak pada rombongan tersebut baik Pj Bupati Klungkung atau pun setingkat Kadis. Hanya Camat Banjarangkan I Dewa Komang Aswin yang terlihat menyambut kedatangan Giri Prasta.

Dikonfirmasi terkait kedatangan rombongan  tersebut Dewa Aswin mengaku kehadiran mereka dalam acara audiensi terkait usulan-usulan dari desa adat dan panitia pura untuk karya di Pura Kentel Gumi untuk memohon bantuan kepada Bupati Badung.

BACA :  Presiden Jokowi Gelar Sejumlah Pertemuan Bilateral Disela-sela WWF Bali

“Sudah saya laporkan ke pak PJ bupati, dari pak PJ bilang silahkan dikawal,” jelas Dewa Aswin, Selasa (16/4/2024).

Sebagai ASN Dewa Aswin mengaku hadir pada kesempatan tersebut karena diundang secara informal oleh Bupati Giri Prasta.

“Diundang oleh Pak Giri ke rumah jabatan,” tambahnya.

Dewa Aswin pun membantah kehadiran seluruh Perbekel dan Camat Kabupaten Klungkung tersebut dikaitkan dengan dukungan Giri Prasta maju ke Pilkada Provinsi Bali. Pihaknya menegaskan tidak ada kepentingan politik dalam lawatannya bersama para Perbekel ke Giri Prasta.

“Bukan masalah dukung mendukung, niki masalah bagaimana kita memohon bantuan. Kita kan istilahnya ingin membangun desa,” tuturnya.

Dewa Aswin mengungkapkan pada audiensi tersebut Bupati Giri Prasta telah menyiapkan anggaran per desa sebesar Rp 1 miliar melalui dana bantuan keuangan kepada pemerintah desa untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang harus dibelanjakan sesuai dengan tujuan pemberian bantuan keuangan.

Menurut hasil pertemuan, dana BKK tersebut dijanjikan cair pada anggaran perubahan APBD Badung tahun 2024 ini dan diserahkan sesuai dengan usulan penggunaan masing-masing desa.

BACA :  Peternak Sapi Diminta Kreatif Manfaatkan Limbah Pertanian Atasi Kekurangan Ransum di Musim Kering

Terkait dengan hasil audiensi tersebut, Dewa Aswin mengaku akan segera melaporkannya ke Pj Bupati Klungkung.

“1 miliar untuk membangun desa rata untuk 53 desa. Penggunaannya berbeda-beda sesuai usulan desa,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Pengendalian Penduduk Klungkung, I Wayan Suteja mengaku mengetahui informasi audiensi para perbekel dengan Bupati Giri Prasta. Hanya saja pemberitahuan secara resmi belum ada.

Di tempat terpisah Dewa Griawan mengaku juga hadir dalam audiensi tersebut selaku Panitia Karya Penyegjeg Jagat Panca Wali Krama di Pura Kentel Gumi. Menurutnya, kehadirannya pada audiensi untuk pengusulan bantuan Karya di Pura Kentel Gumi.

“Panitia Kentel Gumi datang karena karya sudah dekat bulan November, jadi meminta bantuan,” ungkapnya.

Penulis: Roni
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular