Senin, Juni 24, 2024
BerandaBadungBantu Pembangunan Pura Kawitan Pasek Punduk Dawa, Bupati Giri Prasta Gelontorkan Hibah...

Bantu Pembangunan Pura Kawitan Pasek Punduk Dawa, Bupati Giri Prasta Gelontorkan Hibah Rp 45, 2 Miliar

BADUNG, balipuspanews.com – Bupati Badung Nyoman Giri Prasta yang juga selaku Ketua Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Provinsi Bali berkomitmen penuh untuk mendukung finishing pembangunan Pura Catur Parahyangan Punduk Dawa Linggih Ida Betara Mpu Gana yang berlokasi di Punduk Dawa, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung sebagai salah satu dari Catur Parahyangan Kawitan Ratu Pasek.

Dengan menggelontorkan dana hibah sebesar Rp 45.210.700.000 (empat puluh lima miliar dua ratus sepuluh juta tujuh ratus ribu rupiah) ke Rekening Pengurus Pura Catur Parahyangan Punduk Dawa.

“Kita berkomitmen penuh untuk mendukung pembangunan Pura Catur Parahyangan Punduk Dawa Linggih Ida Betara Mpu Gana, keberadaan pura ini dibangun sejak tahun 2017. Pembangunannya sendiri diinisiasi oleh MGPSSR Provinsi Bali bersama dengan seluruh pasemetonan Pasek di seluruh Bali.

Untuk pura ini kita sudah menggelontorkan dana finishing yang terdiri dari beberapa paket pekerjaan yaitu mulai dari Utamaning Utama, Utamaning Madya sampai ke Soring Mandala yang menghabiskan dana kurang lebih mencapai Rp 45.2 Miliar,” ujar Giri Prasta di Puspem Badung, Minggu (26/2/2023).

BACA :  Buka Pameran UMKM, Bupati Gede Dana Sebut Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Kecil

Lebih lanjut Giri Prasta menginformasikan, pelaksanaan kegiatan finishing Pura Catur Parahyangan Punduk Dawa diawali dengan upacara mecaru, ngeruak dan ngawit karya yang dilaksanakan pada hari Selasa, 21 Februari 2023, upacara ini dipuput oleh 10 sulinggih perwakilan dari seluruh Kabupaten/Kota di Bali dan seorang sulinggih dari pengurus Sabha Pandita Pusat.

“Sebagai salah satu Kahyangan dari Catur Parahyangan Ratu Pasek, keberadaan Pura Punduk Dawa merupakan sangat sentral sebagai tempat Semeton Pasek melaksanakan puja bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Ida Betara Kawitan Ratu Pasek, Panca Pandita atau Sapta Rsi utamanya Ida Betara Mpu Gana,” jelasnya.

Sebagai informasi Catur Parahyangan Pasek di seluruh Bali ada 4, pertama Pura Catur Lawa Ratu Pasek   Besakih linggih Ida Betara Mpu Semeru, selanjutnya Pura Lempuyang Madya linggih Ida Betara Mpu Gni Jaya, Pura Silayukti Padang Bai linggih Ida Betara Mpu Kuturan dan Pura Catur Parahyangan Punduk Dawa linggih Ida Mpu Gana.

Penulis : Kadek Adnyana
Editor : Oka Suryawan

BACA :  Karya Melaspas dan Ngenteg Linggih Digelar di Pura Majapahit
RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular