Bantu Penanganan Covid-19, Kodam IX Udayana Gelar Donor Plasma Konvalesen

Donor Plasma Konvalesen di Makorem 163/Wira Satya, Selasa (11/8).
Donor Plasma Konvalesen di Makorem 163/Wira Satya, Selasa (11/8).

DENPASAR, balipuspanews.com – Kehadiran TNI mempercepat penanganan Covid-19 di Bali diwujudkan dengan melakukan aksi kemanusiaan dengan menggelar Donor Plasma Konvalesen, dihadiri langsung Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara di Makorem 163/ Wira Satya, Denpasar, Selasa (11/8).

Ketua PMI Bali IGN Alit Putra mengapresiasi upaya TNI untuk ikut bersama mengatasi penanganan Covid -19 di Bali melalui kegiatan donor plasma dan bersedia menyumbangkan darah.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pangdam dan Danrem, kami merasakan kesulitan untuk mendapatkan 120 kantong darah yang sudah steril dalam situasi saat seperti sekarang,” tuturnya.

Pihaknya mengalami kesulitan darah selama pandemi selama ini. Ia juga sangat salut dengan TNI karena selama ini mengajak masyarakat, dan bisa hadir yang ke dua kali di Makorem 163/Wira Satya.

Merupakan peran serta yang luar biasa, sejak new normal ada keberanian menyumbangkan darah dan PMI sendiri membutuhkan stok darah, untuk kemudian disalurkan membantu masyarakat.

“Kalau dulu 99 persen kebutuhan darah didatangkan dari donor sukarela, namun sekarang melalui pengganti dari keluarga yang sakit. Bersyukur dengan new normal ini luar biasa perkembangan pendonor darah,” cetus mantan Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali ini.

Sementara Pangdam Kurnia Dewantara mengatakan bahwa Pandemi Covid-19 tidak dapat diprediksi sampai kapan akan berakhir dan sampai sekarang belum bisa ditemukan vaksin yang bisa menyembuhkan Covid-19. Dengan demikian pihaknya bekerjasama dengan beberapa pihak rumah sakit dengan mengadakan donor plasma konvalesen untuk membantu penanganan Covid-19 di Bali.

Ini merupakan penjabaran dari apa yang telah dilakukan Kasad yang selama ini getol melakukan donor plasma dalam upaya penanganan Covid-19, dengan demikian Kodam IX Udayana juga turut berupaya dalam penanganan Covid-di Bali.

“Sangat senang terselenggara kegiatan ini, dan kordinasi dengan PMI juga baik. Dari data yang ada kita mendapatkan 28 anggota yang bersedia mendonorkan darah,” jelasnya.

Pihaknya juga mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap anggotanya yang bersedia diambil darahnya. Pihaknya menyebut bagi para pendonor saat ini merupakan pahlawan, pasalnya secara sukarela mau mendonorkan darah dalam perang melawan Covid-19.

Dewantara menghimbau kepada masyarakat yang pernah terpapar Covid-19 untuk tidak segan-segan mau mendonorkan darahnya, namun sebelumnya juga akan dicek terlebih dahulu oleh tim medis untuk memastikan dan aman bagi pendonor.

“Mudah-mudahan ke depan semakin banyak bersedia mendonorkan darahnya dan ke depan Bali bisa bangkit kembali dan terbebas dari Covid-19,” ujarnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Husein Sagaf, Ketua PMI Bali IGN Alit Putra, Kepala UDD PMI Provinsi Bali dr. I Gede Wiryana Patra Jaya, Serta beberapa Dirut Rumah Sakit di Bali.

Penulis/Editor : Budiarta/Oka Suryawan