Bantu Stabilkan Harga Produk Tani dan Warga Terdampak Covid-19, SPI Bali Bagi Sembako

DPW SPI Bali saat menyerahkan bantuan sembako kepada salah satu warga Desa Babahan, Kecamatan Penebel, Tabanan
DPW SPI Bali saat menyerahkan bantuan sembako kepada salah satu warga Desa Babahan, Kecamatan Penebel, Tabanan

TABANAN, balipuspanews.com – Bertujuan membantu para petani dalam menjaga kestabilan harga produk tani Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Serikat Petani Indonesia (SPI) Bali bekerja sama dengan Koperasi Petani Indonesia menggelar acara pembagian sembako. Kegiatan sosial ini digelar di Desa Babahan, Kecamatan Penebel, Minggu (30/8).

Adapun penerima sumbangan sembako ini menyasar kepada masyarakat yang kurang mampu. Termasuk juga kepada masyarakat yang terdampak dari mewabahnya covid-19.

Menariknya, penyerahan sembako ini dilakukan secara door to door atau dengan mendatangi langsung warga yang berhak menerimanya. Cara ini sengaja dilakukan agar paket sembako yang diserahkan kepada orang yang berhak menerima.

Ketua DPW SPI Bali I Nyoman Sudirta disela-sela pembagian sembako tersebut mengatakan, kegiatan ini juga dilakukan dalam tujuannya menstabilkan harga produk tani. Mengingat ketika covid-19 mewabah, harga-harga produk tani merosot drastis.

“Nasib petani selalu memprihatinkan, terutama masalah harga jual hasil panennya. Terlebih lagi saat pandemi covid-19 ini,” ungkapnya.

Sudirta menjelaskan, dalam tujuannya menstabilkan harga hasil panen petani, pihaknya membeli berbagai produk tani dari petani langsung dengan harga yang sangat layak. Seperti beras, berbagai jenis bumbu, dan sayur mayur.

“Hasil panen petani itu yang kami beli dengan harga layak untuk kemudian kami bagikan dalam bentuk paket sembako,” jelasnya.

Bahkan, lanjut Sudirta yang juga Ketua Dewan Daerah Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Bali ini, untuk memberi semangat langsung kepada para petani pihaknya bersama para relawannya ikut langsung memetik produk tani yang kemudian dibagikan dalam bentuk sembako ini. Mengingat, dengan harga hasil panennya yang anjlok, petani banyak yang enggan memanen produk taninya.

Selain dengan menyerahkan bantuan paket sembako ini, dalam tujuan untuk menstabilkan harga produk tani serta untuk memfasilitasi antara petani dan masyarakat (konsumen), Sudirta mengatakan bahwa DPW SPI Bali juga akan menggelar bazar murah. Adapun bazar murah ini juga akan menjual berbagai produk hasil panen petani.

Penulis : Ngurah Arthadana

Editor : Oka Suryawan