Rabu, Oktober 28, 2020
Beranda Bali Denpasar Bantu Tanggulangi Pencemaran BBM Kapal Ro-Ro KMP Dharma Rucitra III, Pertamina Kerahkan...

Bantu Tanggulangi Pencemaran BBM Kapal Ro-Ro KMP Dharma Rucitra III, Pertamina Kerahkan Sejumlah Crew

DENPASAR, balipuspanews.com – Jumat (12/6/2020) disebutkan sebuah Kapal Ro-Ro KMP Dharma Rucitra III karam di Pelabuhan Padang Bai, Karangasem.

Terkait kejadian tersebut, diketahui ada tumpahan minyak dari Kapal Ro-Ro tersebut, yang diduga berasal dari BBM kapal dan BBM kendaraan yang diangkut di dalam kapal.

Berdasarkan koordinasi dengan KSOP Padang Bai beserta jajaran petugas di lapangan, Pertamina diminta untuk membantu menanggulangi pencemaran BBM, melalui lokasi operasional terdekat, yakni Integrated Terminal Manggis.

“Berdasarkan koordinasi di lapangan, Pertamina diminta membantu karena memang lokasinya berdekatan, dan Pertamina memiliki perlengkapan yang diperlukan,” ujar Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus, Rustam Aji saat dikonfirmasi Senin (15/6/2020) sore.

Menurut Rustam, adapun bantuan yang dikerahkan pihak Pertamina pada Sabtu (13/6/2020) kemarin untuk penanggulangan insiden tersebut yakni 1 unit tugboat, TB Transko Maleo, 10 orang crew kapal TB Transko Maleo, 3 orang crew surveilance di darat beserta 1 unit oil boom, sepanjang 25 meter.

“Tentunya para crew diturunkan untuk mengoperasikan kapal dan membentangkan oil boom. Oil boom ini digunakan untuk melokalisasi area minyak yang terapung di permukaan perairan,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, upaya Pertamina tersebut, merupakan salah satu bentuk sinergi dengan stakeholder Pertamina, juga menjadi bentuk kepedulian Pertamina terhadap lingkungan.

Terlebih pula kejadian dari insiden tersebut berdekatan dengan lokasi operasional Pertamina.

Lebih lanjut ia mengatakan, selama pelaksanaan kegiatan, Pertamina tetap mengutamakan aspek HSSE (Health, Safety, Security, & Environment), termasuk penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Penulis : Ni Kadek Rika Riyanti

Editor : Putu Artayasa

- Advertisement -

Mobil Terguling di Renon, Tidak Ada Korban Jiwa

DENPASAR, balipuspanews.com-Mobil Honda HRV terguling di Jalan Cok Agung Tresna Renon, Denpasar, pada Senin (26/10/2020) sore. Meski demikian tidak ada korban jiwa dalam peristiwa...

Kasus Pencurian Burung Tersangka Kampret Masuk Lapas, Polisi Tangkap Rekannya Wewek

DENPASAR, balipuspanews.com - Kadek Yasa alias Kampret,21, sudah menjalani vonis terkait kasus pencurian burung murai di Jalan Imam Bonjol, Gang Gunung Saba,  Desa Pemecutan...
Member of