Jumat, Maret 29, 2024
BerandaKarangasemBantuan Bedah Rumah Terealisasi, Bupati Gede Dana Letakan Batu Pertama

Bantuan Bedah Rumah Terealisasi, Bupati Gede Dana Letakan Batu Pertama

AMLAPURA, balipuspanews.com – Keinginan masyarakat Karangasem untuk mendapatkan bantuan bedah rumah mulai terealisasi. Ini setelah Bupati Karangasem I Gede Dana terus berjuang mendapatkan bantuan pusat, provinsi maupun CSR.

Bantuan bedah rumah tersebut diperuntukkan bagi warga kurang mampu berpenghasilan rendah.

Hal itu menjadi komitmen Bupati Karangasem dalam menuntaskan visi-misi dan program pembangunan Pakerti Nadhi Bupati-Wakil Bupati Karangasem, untuk pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat kurang mampu dan berpenghasilan rendah, diantaranya dengan program bantuan bedah rumah dan rumah bersubsidi.

Rabu (23/11/2022) bertepatan dengan Tilem Sasih Kelima atau bulan kelima dalam penanggalan Umat Hindu Bali, Guntur Umah atu Graha yang merupakan hari baik atau dewasaning ayu untuk membangun atau memindahkan rumah, Bupati Karangasem, I Gede Dana didampingi Sekda Karangasem, yang juga Ketua Korpri Kabupaten Karangasem, I Ketut Sedana Merta, melaksanakan ritual peletakan batu pertama untuk pembangunan bantuan empat unit bedah rumah bagi warga di tiga lokasi di Karangasem.

Lebih rinci, empat unit bedah rumah tersebut masing-masing, di Kecamatan Selat sebanyak dua unit yang diterima oleh Ni Nengah Siti warga Banjar Dinas Peringsari, Desa Duda Utara dan I Gusti Ngurah Suparta warga Banjar Dinas Santi, Desa Selat, Kecamatan Selat Karangasem.

BACA :  Bupati Gede Dana Hadiri Buka Puasa Bersama di Masjid Al Falah Padangbai

Di Kecamatan Bebandem sebanyak satu unit yang diterima oleh I Wayan Subadra, warga Banjar Dinas Karanganyar, Desa Sibetan, Bebadem, dan satu unit lainnya di Kecamatan Abang yang diterima oleh I Wayan Sudiarsa, warga Banjar Dinas Purwayu, Desa Tribuana, Abang, Karangasem.

Bupati Karangasem, I Gede Dana, usai peletakkan batu pertama pembangunan bantuan bedah rumah tersebut menyampaikan jika bantuan bedah rumah tersebut merupakan kolaborasi dari Bank BPD Bali yang menyalurkan dana CSR sebesar Rp 25 Juta dan bantuan dari Korpri dalam rangka HUT Korpri senilai Rp 15 Juta, sehingga total bantuan seluruhnya sebesar Rp 40 Juta.

“Ini komitmen kami untuk membantu masyarakat kurang mampu di Karangasem yang tinggal di rumah tak layak huni, agar bisa memiliki rumah yang bersih, aman dari sisi kontruksi, nyaman dan layak untuk ditempati,” ujar Bupati Gede Dana.

Sesuai data yang dimilikinya, memang masih banyak warganya yang tinggal di rumah tak layak huni. Untuk itu pihaknya akan terus berjuang agar seluruh masyarakat di Karangasem yang tinggal di rumah tak layak huni bisa mendapatkan bantuan bedah rumah dan atau bantuan rehab rumah.

BACA :  RPJPD Diharapkan Disusun Sebagai Bingkai Pembangunan Sesuai Potensi Daerah

Belum lama ini, dari perjuangan Bupati Gede Dana bersama Gubernur Bali I Wayan Koster, Pemkab Karangasem mendapatkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) National Affordablle Housing Program (NAHP) Tahun Anggaran 2022 dari Pemerintah Pusat senilai 4,7 Milyar.

Tidak hanya itu, untuk mempercepat penuntasan program bantuan bedah rumah sebagai upaya penyediaan rumah yang layak huni, yang sehat, aman dan nyaman untuk warga kurang mampu atau Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Kabupaten Karangasem, Bupati juga menggandeng BUMN yang memiliki dana CSR dan pihak swasta.

Dengan demikian pihaknya optimis warga yang tinggal di rumah tak layak huni sesuai data yang dimilikinya bisa segera dientaskan dengan bantuan bedah rumah tersebut.

Penulis : Gede Suartawan

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular